Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN ISOTONIK POCARI SWEAT (Studi Pada Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat Di Kecamatan Blega)Penulis : MADE ARDI DHARMAWANDosen Pembimbing I : Dr. H. PRIBANUS WANTARA, Drs. MMDosen Pembimbing II :Fathor As. SE. MMAbstraksi
ABSTRAK MADE ARDI DHARMAWAN, Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian minuman Isotonik Pocari Sweat (Studi Pada Konsumen Minuman Isotonik Pocari Sweat Di Kecamatan Blega) Dibawah bimbingan Dr. H. Pribanus Wantara, Drs,. MM. dan Fathor AS., SE., MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dari Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian minuman isotonik Pocari Sweat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen minuman isotonik Pocari Sweat di Kecamatan Blega. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Berdasarkan dari hasil analisis penelitian menunjukan menunjukan secara simultan dengan menggunakan uji F Marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman isotonik Pocari Sweat di Kecamatan Blega dan hasil penelitian juga membuktikan bahwa dengan uji t Parsial dari variabel Marketing Mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minuman isotonik Pocari Sweat di Kecamatan Blega dengan variabel harga yang memiliki pengaruh paling besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen minuman isotonik Pocari Sweat dapat dilakukan dengan meningkatkan Marketix Mix melalui variabel produk, harga, promosi dan distribusi. Kata kunci : Marketing Mix dan Keputusan Pembelian
AbstractionABSTRACT MADE ARDI DHARMAWAN, Effect of Marketing Mix on the purchasing decisions of isotonic drink Pocari Sweat (a study on the consumer isotonic drink Pocari Sweat In Sub Blega). Under the guidance of Dr. H. Pribanus Wantara, Drs. MM. and Fathor AS, SE., MM. The purpose of this study was to find out the variables Marketing Mix such as product, price, promotion, and distribution influence either simultaneously or partially on consumer purchasing decisions and to find out which variables that had the dominant effect on consumers’ decisions in purchasing isotonic drink Pocari Sweat. The study applied quantitative method with the data analysis using multiple linear regression. The population in this study is an isotonic drink Pocari Sweat consumers in the District of Blega. Sampling technique in this study using accidental sampling method, the number of respondents 50 respondents. Acording to the results were the f-test showed that the variables of marketing mix such as product, price, promotion and distribution, had a significant effect on purchasing decisions isotonic drink Pocari Sweat in Blega simultaneously and the results of this research also prove that the t-test Partially of the marketing mix variables comprising of product, price, promotion and distribution significantly influence toward purchasing decisions isotonic drink Pocari Sweat in District Blega the price variables have the most impact. So that it can be concluded that in order to increase consumer purchasing decisions isotonic drink Pocari Sweat can be done by increasing the variables of marketing mix through product, price, promotion and distribution. Keywords : Marketing mix,and Purchasing decisions