Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Retailing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Idola Mart KwanyarPenulis : FitriyahDosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MMDosen Pembimbing II :Yustina Chrismardani, S.Si., MMAbstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Retailing Mix yang terdiri dari lokasi, merchandise, harga, atmosfer dalam gerai, pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen dan untuk mengetahui variabel retailimg mix yang berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian konsumen pada Idola Mart Kwanyar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada Idola Mart Kwanyar yang berjumlah 70 konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas dan uji Asumsi Klasik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan regresi linier berganda dengan memakai uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,557 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 55,7%, sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji F variabel Retailing Mix yang terdiri dari lokasi, merchandise, harga, atmosfer dalam gerai, pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Idola Mart Kwanyar. Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel lokasi, merchandise, harga dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat sedangkan variabel atmosfer dalam gerai dan promosi tidak berpengaruh terhadap variabel terikat. Variabel yang berpengaruh lebih besar adalah variabel harga. Kata kunci : Retailing Mix lokasi, merchandise, harga, atmosfer dalam gerai, pelayanan, promosi dan Keputusan Pembelian
AbstractionThis study aimed were to find the effect of the retailing mix which was consisted of location, merchandise, price, atmosphere in the store, service, and promotion towards consumer purchasing decision and to find which one of the retailing mix variables that had the greater effect towards the consumer purchasing decision at Idola Mart Kwanyar. This study used quantitative research approach. It was based on philoshophy positivism which had a purpose to examine a hyphotesis which had been set. The number of sample was 70 consumers who make purchasing at Idola Mart Kwanyar. The sampling method used purposive sampling. For instrument examination used the validity test, reliability and classic assumption test while the data analysis techniques used to examine hyphotesis was multiple linear regression using the F and T test. Based on the results of the study showed that the value of adjusted R square was 0.557. it mean that the effect of the independent variable towards dependent variable was 55.7% while 44.3% influenced by other variable that was not examined in this research. Based on F test, the retailing mix variable which was consisted of location, merchandise, price, atmosphere in the store, service and promotion simultaneously have a significant effect towards the consumer purchasing decision at Idola Mart Kwanyar. Based on T test, the location, merchandise, price and service partially have a significant effect towards dependent variable, while atmosphere in the store and promotion variable have not an effect for the dependent variable. Variable which had larger effect was price. Key word: retailing mix, location, merchandise, price, atmosphere in the store, price, promotion, and purchasing decision.