Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI PADA MARTABAK HAWAII DI BANGKALAN )
    Penulis : Irnita Agustin Putri
    Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Ec H. Muh Syarif, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Hadi Purnomo, S.E., MM
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui variabel harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Martabak Hawaii di Bangkalan, (2) Untuk mengetahui harga dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian Martabak Hawaii di Bangkalan, (3) Untuk mengetahui variabel harga dan kualitas produk yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Martabak Hawaii di Bangkalan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian pada Martabak Hawaii di Bangkalan yang berjumlah 60 konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas dan uji Asumsi Klasik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan regresi linier berganda dengan memakai uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,585 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 58,5%, sedangkan sisanya 41,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji F variabel harga, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Martabak Hawaii di Bangkalan. Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Variabel yang berpengaruh lebih besar adalah variabel kualitas produk. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk dan Keputusan pembelian.

    Abstraction

    The objective of this study are (1) To find out whether price and quality of products variables effect simultaneously on decision of buying Hawaii Martabak, Bangkalan, (2) To find out whether the price and quality of products partially effect on decisions of buying Hawaii Martabak in Bangkalan, (3) To find out whether the variabele of price or the variable of quality of products that have a dominant influence to decisions of buying Hawaii Martabak in Bangkalan. The study applies quantitative methods. The samples in this study are 60 customers who buy Hawaii Martabak Bangkalan. The Samples are collected by using accidental sampling method. The instruments are tested by using Validity, Reliabily and Clasical Assumption test. The data is analyzed by using Multiple Linear Regression with the F-test and T-test. The result show that the adjusted value of R square is 0,585. It means that the influence of independent variables to dependent variables is 58,5%, meanwhile, the rest of 41,5% means that the dependent variables are influenced by another variables that is not examined in this study. Based on the F test, the price and quality of product influence simultaneously and significantly to purchasing decision on Hawaii Martabak in Bangkalan. Based on the t test, partially, the price and quality of product significantly influence the dependent variable. The variable that has the most influence is quality of product. Keywords: Price, Quality of product and Purchasing Decision.

Detail Jurnal