Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Deterjen Rinso Anti Noda (Studi Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang Berdomisili di Desa Telang Bangkalan)Penulis : Eka Kurniawan PutraDosen Pembimbing I : Dr.H.Pribanus Wantara, Drs., MM.Dosen Pembimbing II :Hadi Purnomo, S.E., MM.Abstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui harga dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada deterjen Rinso Anti Noda, (2) untuk mengetahui harga dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada deterjen Rinso Anti Noda dan (3) untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada deterjen Rinso Anti Noda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai adjusted R Square sebesar 0,734 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 73,4%, sedangkan sisanya 26,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan uji F harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada deterjen Rinso Anti Noda (studi pada mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang berdomisili di desa Telang Bangkalan). Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel harga. Kata Kunci: Harga, kualitas produk, dan keputusan pembelian.
AbstractionABSTRACT The purposes of this study were: (1) to find out whether the price and the quality of the product simultaneously affect the customers on buying Rinso Anti Noda Detergent, (2) to find out whether the price and the quality of the product partially affect the customers on buying Rinso Anti Noda Detergent, (3) to find out which variables that had dominant effect on buying Rinso Anti Noda Detergent. The result showed that the value of adjusted R Square is 0.734, meant the influence of independent variables on the dependent variables was 73.4%, while the remaining values was 26.6%, meant that the values was influenced by other variables that werenot examined in this study. Based on the F-test, the price and quality product simultaneously influence to customers on buying Rinso Anti Noda Detergent significantly. Based on the t-test, the price and quality product had a significant effect on the dependent variable partially. The dominant variable was the price. Keywords: Price, product quality and purchasing decisions.