Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor HONDA Supra X 125 (Studi Pada Dealer Surya Agung Motor Bangkalan)
    Penulis : Nurus Sholehah
    Dosen Pembimbing I : Bambang Setiyo P., S.E,. MM.
    Dosen Pembimbing II :Suyono S.E, M.S.M
    Abstraksi

    Atribut produk memberikan pandangan atau gambaran yang jelas tentang produk itu sendiri. Dealer Surya Agung Motor Bangkalan merupakan salah satu dealer resmi HONDA yang bergerak dalam penjualan sepeda motor yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Atribut produk menggunakan teori Kotler & Armstrong (2007:347) yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang mempengaruhi atribut produk dalam memutuskan untuk membeli sepeda motor HONDA Supra X125 baik parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepeda motor HONDA Supra X 125 pada Dealer Surya Agung Motor Bangkalan dan diperoleh sampel 40 responden yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan cara menyebarkan kuesioner. Hipotesis penelitian ini adalah variabel-variabel dari atribut produk yang mempengaruhi keputusan pembelian seperti kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor HONDA Supra X 125 baik secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) uji F variabel bebas atribut produk yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor HONDA Supra X 125 (studi pada Dealer Surya Agung Motor Bangkalan). (2) Uji t diketahui bahwa secara parsial variabel kualitas produk, fitur produk, serta gaya dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor HONDA Supra X 125 (studi pada Dealer Surya Agung Motor Bangkalan). (3) secara parsial variabel kualitas produk mempunyah pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor HONDA Supra X 125 (studi pada Dealer Surya Agung Motor Bangkalan). Kata Kunci : Atribut Produk dan Keputusan pembelian.

    Abstraction

    Product attributes provide a clear explanation about the product itself. Surya Agung Motor Dealer Bangkalan is one of HONDA authorized dealers that selling motorcycles so, the consumers’ behavior on decisions of buying the product is important to be observed. This study applied the theory of product attribute from Kotler & Armstrong (2007:347) who argued that product attributes consist of product quality, product features, product style and design. The purpose of this study was to identify the variables that affect the buyers in deciding to buy Honda Supra X125 motorcycles either partially or simultaneously. The study applied quantitative method. The population in this study was consumers of HONDA Supra X125 motorcycles on Surya Agung Motor Dealer Bangkalan. Samples were obtained purposively as many as 40 respondents. The data were taken by using questionnaires. The hypotheses are the variables of product attributes such as product quality, product features, style and design of products showed a significant influence on consumers’ decision to buy HONDA Supra X125 motorcycles either simultaneously or partially. The results of the study were (1) F-test of independent variables consisting of product quality, product features, product style and design influenced simultaneously to the consumers’ decisions of buying HONDA Supra X125 motorcycles (studies on Surya Agung Motor Dealer Bangkalan). (2) T-Test showed that, partially, the product quality, product features, product style and design influence simultaneously to the consumers’ decisions of buying HONDA Supra X125 motorcycles (studies on Surya Agung Motor Dealer Bangkalan). (3) Partially, product quality has a dominant influence to consumers’ decisions of buying HONDA Supra X125 motorcycles (studies on Surya Agung Motor Dealer Bangkalan). Keywords: Product attributes and purchasing decisions

Detail Jurnal