Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Strategi Bersaing dalam Peningkatan Pangsa Pasar pada Industri Rumahan (Studi Kasus Pada Industri Rumahan Milik Ibu Hatimah Di. Kec. Proppo Kab. Pamekasan)
    Penulis : MOH. TAUFIK ISMAIL
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs,. MM
    Dosen Pembimbing II :Suyono, S.E., M.S.M
    Abstraksi

    ABSTRAK Moh.Taufik Ismail. Penerapan Strategi Bersaing dalam Peningkatan Pangsa Pasar pada Industri Rumahan. Pembimbing Dr.H.Pribanus Wantara, Drs,.MM dan Suyono SE.M.S.M Penerapan Strategi Bersaing Dalam Peningkatan pasar Pada Industri Rumahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penjualan yang dicapai oleh Industri Rumahan Milik Ibu Hatimah di Kec. Proppo Kab. Pamekasan serta untuk mengetahui penerapan strategi bersaing dengan menggunakan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) terhadap peningkatan pangsa pasar. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hasil perhitungan analisis pangsa pasar (market share) dalam pemasaran provider kartu seluler khususnya pada Industri Rumahan Milik Ibu Hatimah di Kec. Proppo Kab. Pamekasan, menunjukkan bahwa pangsa pasar atau market share untuk setiap tahunnya meningkat. Faktor yang menyebabkan adanya kenaikan pangsa pasar sebab jumlah penjualan produk makanan ringan meningkat setiap tahunnya. Sedangkan dari hasil analisis perhitungan formulasi SWOT yang dilakukan oleh Industri Rumahan Milik Ibu Hatimah di Kec. Proppo Kab. Pamekasan terlihat bahwa strategi yang dijalankan oleh perusahaan selama ini sehingga dapat meningkatkan pangsa pasar adalah strategi pertumbuhan agresif. Dimana dalam penerapan strategi pertumbuhan agresif memiliki keunggulan jika dibandingkan kelemahan dapat dikatakan positif dan selain itu peluang lebih besar dari ancaman. Kata kunci : kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta pangsa pasar.

    Abstraction

    ABSTRACT Moh.Taufik Ismail. Implementation of Competitive Strategy in Increasing Market Share in Home industry . Thesis advisores: Dr.H.Pribanus Wantara, Drs,.MM and Suyono SE.M.S.M Implementation of Competitive Strategy in Increasing Market Share i n Home industry The purpose of this study was to determine the development of the sales achieved by the hatima’s mother owned a home’s industry in sub Proppo pamekasan district and to investigate the application of competitive strategy by using SWOT analysis (strengths, weaknesses, opportunities and threats) to increase market share. The results showed that while the calculation of market share analysis (market share) in the marketing of products snack food home’s industry owned hatima’s in sub Proppo pamekasan district , shows that the market share or market share for each year increase. Factors that led to an increase in market share as snack food products increasing every year. While the results of the SWOT analysis formulation calculations performed by the Fatima’s mother owned a Home industry in sub Proppo pamekasan district seen that the strategy pursued by the company during this so as to increase the market share is an aggressive growth strategy. Where in the implementation of an aggressive growth strategy has advantages when compared to positive and weaknesses can be said besides greater opportunities than threats. Keyword : Strength, Threat, Opportunities and Weaknessess, market share.

Detail Jurnal