Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : NUR HALIMAH
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MM
    Dosen Pembimbing II :Suyono SE., MSM
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (Brand Awareness), asosiasi merek (Brand Assocations), kesan kualitas (Perceived Quality), dan loyalitas merek (Brand Loyalty) secara simultan terhadap keputusan pembelian. (2) untuk mengetahui dari empat variabel ekuitas merek, variabel manakah yang dominan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry (Studi Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura).Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 50 responden.Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, kepustakaan, dan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden.Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik.Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian handphone Blackberry (Studi Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura).Variabel loyalitas merek berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian.

    Abstraction

    ABSTRACT The objectives of this research (1) to know The influence of brand equity which consist of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty simultaneously to buying decision handphone Blackberry at students University Of Trunojoyo Madura, (2) to know brand equity variables has dominant effect to buying decision handphone Blackberry at students University of Trunojoyo Madura. This research is quantitative research approach which tried to know how the influence of brand equity to buying decision handphone Blackberry at Students University Of Trunojoyo Madura. Sampling has been developed through purposive sampling, resulting 50 respondents. The technique of gathered data there are interview, literature, and questionaire, and 5-point Likert Scale to measure the respondent’s answer. To test instrument used validities test, reliablities tes, and classical assumption test. While the technique of data analysis used double linier regression because which is used more than two variable with F test and t test. The result of this research shows that the brand equity which consist of brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty have effect simultaneously to buying decision handphone Blackberry at students university of Trunojoyo Madura. The variable of brand loyalty has dominant effect to buying decision handphone Blackberry.

Detail Jurnal