Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PANTAI LOMBANG KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : Ach Choirul Ramadani
    Dosen Pembimbing I : Nurita Andriani
    Dosen Pembimbing II :Yustina Crismardani
    Abstraksi

    Ach Choirul Ramadani, Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Pantai Lombang Kabupaten Sumenep di bawah bimbingan Dr. Ir. Nurita Andriani, MM dan Yustina Chrismardani, S.Si., MM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bauran promosi terhadap keputusan berkunjung pada wisatawan yang berkunjung di Pantai Lombang selain itu bertujuan untuk mengidentifikasi variabel bauran promosi manakah yang dominan mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan di Pantai Lombang. Penggunaan data dalam analisis ini adalah data riset lapangan yang dilakukan dengan cara wawancara dan penyebaran kuesioner kepada konsumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif yang diperoleh dari responden dan dinyatakan dalam bentuk tabulasi. Untuk mengetahui hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen digunakan analisis regresi linear berganda. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel advertising, sales promotion, public relation and publicty, dan direct marketing berpengaruh pada kunjungan wisatawan. Sedangkan hasil hitung R2 hanya menghasilkan 96% hanya berpengaruh kecil terhadap keputusan konsumen, selebihnya 1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci : Bauran Promosi, periklanan, promosi penjualan, humas dan publikasi, pemasaran langsung, keputusan berkunjung

    Abstraction

    Ach Choirul Ramadani, the Effect of the promotion mix decisions visiting tourists to Lombang Beach. (1 ); Dr. Ir. Nurita Andriani, MM (2); Drs. Mohamad Tambrin, MM. This study aims to know the effect of each promotion mix variable on the decision to visit of tourists who visit Lombang Beach and to identify which promotion mix variable that has dominant effect on the decision to visit of the tourists who visit Lombang Beach. The use of data in this study is field research data that conducted through interviews and questionnaires to consumers. Technique of analysis that used in this study is descriptive analysis that obtained from respondents and expressed in tabular form. To determine the relationship between dependent variables and independent variables, multiple linear regression analysis is used. With the total sample in this study are 97 respondents. Sampling technique used in this study is non probability sampling method with purposive sampling technique. The results of the study show that the variables of advertising, sales promotion, public relation and publicity, and direct marketing have an effect on the tourists visit. Meanwhile, the calculation results of R2 only produce 96% which means that they have a small effect on consumers’ decision, the remaining of 1 % is influenced by other variables that are not described in this study Keywords: Promotion mix, advertising, sales promotion, public relation and publicity, direct marketing, decision to visit

Detail Jurnal