Detail Karya Ilmiah
-
TANGGUNG GUGAT BANK ATAS BERKURANGNYA DANA AKIBAT PENGGUNAAN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) (Studi Putusan MA Nomor 190PK/Pdt.Sus/2012)Penulis : satria muharramDosen Pembimbing I : DR USWATUN HASANAH.,SH.MHUMDosen Pembimbing II :AZIZAH.,SH.,MHUMAbstraksi
ABSTRAK Peran teknologi dalam dunia perbankan sangatlah mutlak, sebab dimana kemajuan suatu sistem perbankan sudah tentu hal tersebut ditopang oleh peran teknologi informasi. Penerapan suatu teknologi dalam bidang apapun termasuk bidang perbankan memang memiliki tujuan untuk memudahkan operasional intern perusahaan selain itu juga untuk membantu memudahkan pelayanan terhadap nasabah, misalnya penggunaan fasilitas kartu ATM (Automatic Teller Machine) atau biasa dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri, Internet Banking, SMS (Short Message Service) Banking maupun produk elektronik perbankan lainnya telah menggantikan jasa perbankan yang dulu hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang. Akan tetapi dengan perkembangan teknologi tidak menjamin dengan adanya dampak negative seperti kenyataan yang ada masyarakat dikejutkan dengan hilangnya sejumlah dana nasabah di mesin ATM tanpa diketahui siapa dan kapan transaksi tersebut dilakukan sedangkan nasabah pemilik kartu tidak merasa melakukan transaksi yang dimaksud. Peristiwa ini telah membuat para nasabah merasakan trauma apabila mereka melakukan transaksi di mesin ATM. Dalam kasus pembobolan ATM nasabah yang terjadi di beberapa bank, perlindungan hukum yang wajib dilakukan terhadap nasabah bank-bank tersebut yaitu melalui perlindungan secara implisit atau tidak langsung, karena timbulnya kerugian pada nasabah itu disebabkan adanya kebijaksanaan yang diakibatkan dari kegiatan usaha bank tersebut yang bersifat internal dan hal ini bagi konsumen dapat mengajukan tanggung gugat bank atas berkurangnya dana akibat penggunaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
AbstractionABSTRACT The role of technology in the banking world is absolute, because the banking system in which the progress of a course it is supported by the role of information technology. The application of a technology in any field, including the field of banking does have a purpose to facilitate the company's internal operations and also to help facilitate service to customers, such as the use of an ATM card facilities (Automatic Teller Machine) or commonly known as Automated Teller, Internet Banking, SMS (Short Message Service) banking and other banking products have replaced electronic banking services that used to be done through a branch office. However, with the development of technology does not guarantee the existence of negative effects such as the fact that there are people shocked by the loss of customer funds at ATM machines without anyone knowing who and when the transaction is done while the customer card owners do not feel the transaction in question. This event has made the customers feel traumatized when they make transactions at ATM machines. In case the customer ATM burglary that occurred at some banks, legal protection must be conducted for customers of these banks including protection implicitly or indirectly, due to losses caused by the customer's discretion resulting from the bank's business activities that are internal and it is for consumers to submit a bank accountability over funds reduced due to the use of Automated Teller Machine (ATM).
Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal Baca Jurnal