Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI SIMPAN PINJAM BMT-UGT SIDOGIRI CABANG KECAMATAN GEGER DALAM UPAYA MENARIK CALON ANGGOTAPenulis : MUHAMMAD MOHEDDosen Pembimbing I : Netty Dyah Kurniasari, S.Sos, M.Med.KomDosen Pembimbing II :Muhtar Wahyudi, S.Sos, MAAbstraksi
ABSTRAKSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KOPERASI SIMPAN PINJAM BMT-UGT SIDOGIRI CABANG KECAMATAN GEGER DALAM UPAYA MENARIK CALON ANGGOTA MUHAMMAD MOHED. 08.05.312.00003, Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Dosen pembimbing: Netty Dyah Kurniasari, S.sos, M.Med.Kom, dan Muhtar Wahyudi,S.sos, MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger Dalam Upaya Menarik Calon Anggota. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena kesuksesan BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger ditengah banyaknya koperasi simpan pinjam lain yang pailit dan juga karena BMT ini berada dibawah naungan Pondok Pesantren Sidogiri yang sampai saat ini masih mempertahankan sistem salaf tetapi mampu mengembangkan sistem ekonomi dan memiliki koperasi yang sukses. Metode penelitian yang digunakan yaitu deksriptif, dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pimpinan cabang dan account officer(AO) BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger yaitu Ust. Munasik dan Ust Haris, untuk mengetahui tingkat loyalitas anggota maka peneliti melakukan wawancara dengan dua anggota lama, sedangkan untuk mengetahui jumlah anggota yang meningkat peneliti melakukan wawancara dengan tiga anggota baru, juga didukung dengan beberapa data dari dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya mengacu pada segmentasi, targetting dan positioning. Segmentasi BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger adalah para alumni pondok pesantren sidogiri dan masyarakat yang berdomisili di kecamatan geger, targettingnya adalah para para alumni yang punya usaha khususnya pedagang dan masyarakat geger yang berprofesi sebagai pedagang dan punya keluarga yang merantau dan positioning BMT adalah koperasi yang berlandaskan Syari’ah, bagi hasil yang tinggi dan tanpa potongan (pajak), tabungan yang aman serta barokah. Untuk media promosinya BMT-UGT Sidogiri Cabang Kecamatan Geger menggunakan beberapa elemen yang ada dalam komunikasi pemasaran terpadu, yaitu advertising, sales promotion dan personal selling. Kegiatan advertising dilakukan dengan menggunakan banner. Sales promotion, dengan membentuk AO(account officer). Personal selling melibatkan Tokoh Masyarakat dalam memasarkan produknya dan memberikan pelayanan maksimal kepada para anggotanya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, BMT-UGT Sidogiri
AbstractionABSTRACT MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF SAVINGS AND CREDITS COOPERATIVE BMT-UGT SIDOGIRI AT GEGER DISTRICT UNIT IN ATTRACTING THE NEW MEMBER . MUHAMMAD MOHED. 08. 05. 312.00003. Undergraduate Program of Communication, Faculty of Social and Culture, University of Trunujoyo Madura. Advisors: Netty Dyah Kurniasari, S.Sos, M.Med.Kom, and Muhtar Wahyudi,S.Sos, MA. This research is designed to know the marketing communication strategy employed by BMT-UGT Sidogiri at Geger District Unit in attracting the new member. This research is worthy because of some reasons. First, BMT-UGT Sidogiri at Geger District Unit has been successfully developed its customers while others are collapsed. Second, it is able to expand the cooperative’s wings with salaf system. It uses descriptive qualitative method. The data are taken from the direct interview with the head officer, Ust. Munasik and account officer , Ust. Haris, to know member’s loyalty, and with another three new members to know the quantity of the new members. Further, it also uses documentation and observation to support the data. The finding shows that BMT-UGT Sidogiri at Geger District Unit employs some marketing communication strategies. Those are segmentation, targeting, and positioning. The segmentation is objected to the alumni of Sidogiri Boarding School (Pondok Pesantren) who live in Geger. The targeting is the working alumni such as entrepreneur or trader. Additionally, the positioning strategy is that this cooperative utilize syari’ah system, no tax, safe savings and beneficial. To extend its promotion, BMT-UGT Sidogiri at Geger District Unit enacts advertising by spreading banner, sales promotion by creating account officer team, and personal selling by involving public figure in Geger district and giving the best services. Key Words : Marketing Communication Strategy, BMT-UGT Sidogiri