Detail Karya Ilmiah
-
Realitas Kejujuran Masyarakat dalam Iklan L.A Lights di Televisi versi “YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!”Penulis : Anysa Purnama SariDosen Pembimbing I : Sri Wahyuningsih, S.Sos.,MSiDosen Pembimbing II :Imam Sofyan, S.Sos.,MSiAbstraksi
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Realitas Kejujuran masyarakat dalam iklan L.A Lights di Televisi versi “YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!”?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode semiotika. Dimana, dalam menganalisisnya peneliti menggunakan pendekatan dari teori Roland Barthes yaitu tentang dua tatanan pertandaan (order of signifiatins). Dua tatanan pertandaan ini adalah tentang makna denotasi dan makna konotasi. Berdasarkan analisis data, dapat di temukan bahwa makna tanda dalam iklan ini yaitu, Realitas kejujuran yang ada dalam iklan ini di simbolkan dengan adanya scene-scene yang terdapat dalam tayangan iklan ini. Scene-scene itu di antaranya yaitu scene 3, 4, 5, 6, 7 pada seri 1 dan scene 1 dan 2 pada seri 2. Dengan adanya scene-scene tersebut dapat menunjukkan kepada kita bahwa realitas kejujuran yang disimbolkan dalam iklan ini sesuai dengan yang dikatakan Suseno bahwa jujur memiliki dua pengertian yaitu keterbukaan dan fair (adil dan berimbang). Sehingga dapat di peroleh bahwa jujur disini yaitu tampil sebagai diri sendiri, bersikap wajar, menepati janji, menghormati hak orang lain, serta bertanggung jawab. Namun disini pemaknaan yang muncul juga tidak banyak mengarah pada realitas kejujuran saja. Tetapi lebih kepada produk, positioning, serta citra merek semata. Dari iklan L.A Ligths di televisi versi “YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!”? juga ingin memberitahukan bahwa produk L.A Lights ini adalah produk rokok yang memiliki rasa yang berkualitas tinggi dan mengajak para penikmat rokok yang berani enjoy dalam melakukan kegiatannya serta tetap setia dalam mengkonsumsi rokok tanpa terperangkap dan terjerumus dalam penampilan yang tidak sesuai dengan kualitas rasa yang ditawarkannya. Kata Kunci : Semiotika Roland Barthes, Tanda, Iklan L.A Lights
AbstractionABSTRACT The objective of this research is to the describe the reality of the honesty in L.A Lights advertisement “YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!” version in Television. The method use in this research is semiotic method. In which in the analysis, the researcher uses the approach of Roland Barthes theory. Thats is about two order of signifiatins. This two order of signifiatins are denotative meaning and connotative meaning. Based on the data analysis, it can be found that the meaning of the sign in this advertisement is the reality of the honesty in this advertisement simbolized by the existence of the scenes in the visualization of this advertisement. The scenes are scene 3, 4, 5, 6, 7 in the first series and scene 2, 3 in the second series. Those scenes show us that the reality of the honesty simbolized in this advertisement is same with what Suseno says that honesty that two definitions, such us openess and fair. So it can be described that honest here is appear as him/herself, behave naturally, fullfill a promise, respect to another people’s right, and be responsible. But here the meaning does not only deal with the reality of honesty, but also it deals more with the product, positionong, and the image of the merk. L.A Lights advertisement “YANG LAIN BERSANDIWARA, GUE APA ADANYA!” version in television also informs that L.A Lights product is cigarette product which has high quality in taste and persuade the smokers to be brave in doing their activity and to be loyal in consuming the cigarette without being trapped and felt in inappropriate appearance which is not same with the quality of the taste offered. Keywords : Roland Barthes’Semiotic, Sign, L.A Lights Advertisement