Detail Karya Ilmiah
-
KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL PENGKONSUMSI MINUMAN KERAS (Studi deskriptif kualitatif pengkonsumsi minuman keras dalam komunitas motor vespa di acara motor vespa di jawa timur)Penulis : Mariyanti priana dewiDosen Pembimbing I : Netty dyahDosen Pembimbing II :Imam SofyanAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi verbal dan non verbal yang digunakan pengkonsumsi minuman keras di komunitas motor vespa serta apa fungsi komunikasi verbal dan nonverbal yang digunakan. Maka diangkat sub fokus penelitian berikut ini :Latar belakang, istilah verbal, hambatan, parabahasa dan pesan kinesik, pesan ruang dan waktu, pesan artifaktual serta fungsinya. Jenis penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, informan kunci penelitian berjumlah 7 (tujuh) orang dari pengkonsumsi minuman keras dalam komunitas vespa, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan pendukung berjumlah 4 (empat) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil di lapangan menunjukan bahwa : 1. Latar belakang pengkonsumsi minuman keras dalam komunitas motor vespa dan melakukan segala aktifitas yang ada di dalamnya adalah faktor hobi, suka dan pertemanan sebagai faktor pendorong, 2. Istilah verbal muncul sebagai bentuk perbedaan dari komunitas motor lain, 3. Hambatan timbul terhadap individu lain sebagai akibat komunikasi yang mereka lakukan, 4. Parabahasa dan Pesan kinesik ditunjukkan sebagai makna pemberontakan dan pengekspresian diri, 5. Pesan ruang dan waktu tidak ada batasan dalam pelaksanaan konsumsi minuman keras, 6. Pesan artifaktual, menampilkan penampilan sebagai identitas diri, 7. Fungsi pengkonsumsi minuman keras dalam komunitas vespa yang dilakukan untuk menciptakan kesan kepada orang-orang yang melihatnya. Kata Kunci: minuman keras, deskriptif, vespa, verbal, non verbal.
AbstractionThe purpose of this research is for knowing the meaning of verbal and non-verbal communication that used consuming liquor in vespa community and what the function of verbal and nonverbal communication that they used. The research focus is: Background, verbal terms, barriers, vocalics and kinesics message, space and time message, artifactual message and functions. The research was qualitative by descriptive method. Informants selected by purposive sampling technique, key informant amounted to 7 (seven) people from consuming liquor in the vespa community, and to clarify and strengthen the data, supporting informant amounted to 4 (four) people. Data were obtained through in-depth interviews, observation, documentation, library research and online data. To test the validity of the data source using triangulation techniques. The data analysis techniques to reduce the data, present the data, draw conclusions. Based on the resultsof the field, showed that: 1. Background to consume liquor in vespa community and do all activities is a factor hobbies, like, and friendship as a motivating factor, 2. The term verbal to show the difference from other motorcycle community, 3. Obstacles arise against to other individuals as a result of communication that they do, 4. Vocalics and kinesics message, indicated a sense of rebellion and self-expression, 5. Space and time messages there is no limitation in the implementation of the consumtion of liquor, 6. Artifactual message, to show appearances as an identity, 7. Function consuming liquor in a vespa community made to create an impression of the people who see it. Key words: alcohol, descriptive, vespa, verbal, non-verbal.