Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Terpaan Iklan Hilo Teen Versi Dance terhadap Tubuh Ideal (Studi Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Surabaya)Penulis : Lely Faizatun MasfufaDosen Pembimbing I : Nikmah Suryandari,S.Sos, M.SiDosen Pembimbing II :Dinara Maya Julijanti,S.Sos, M.SiAbstraksi
ABSTRACT State Senior High School 1 Surabaya is one of the best schools in Surabaya. In the youth there are physical, biological, and cognitive changes which occur quickly and drastically. These changes give the certain respond to the teenager in the manner that relates to the form of body. The research is to know the influence of advertisement of Hilo Teen in dance version to the perception of ideal body for the students of State Senior High School 1 Surabaya in 10 th class and 11 th class of 2011-2012 period. It is the quantitative research in the corelational approach which is used to identify the existence of two variables relation, those are the influence of Hilo Teen in dance version, and the perception of ideal body. In this research, the researcher uses the survey method by giving the questions to the samples having been determined before. The population in this research is 414 students. Based on the amount of population, 81 students are chosen. After collecting the data based on the questions given to the samples, the data are then processed using SPSS 17.0 program and analyzed using the program of validity, and realibility, frequency, and crosstab, so that the result can be displayed descriptively. The conclusions of the research are those the students of State Senior High School 1 Surabaya agree that the ideal body grows on top but not on side, and the influence of advertisement to the ideal body is 5%. The key words: communication media, the influence, advertisement.
AbstractionABSTRAK SMA Negeri 1 Surabaya adalah salah satu sekolah terbaik dikawasan Surabaya. Pada masa remaja terjadi perubahan fisik, biologis, dan kognitif yang cepat dan drastis. Perubahan yang cepat ini menimbulkan respon tersendiri bagi remaja berupa tingkah laku yang sangat memperhatikan bentuk tubuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan hilo teen versi dance terhadap persepsi tubuh ideal para siswa siswi SMA Negeri 1 Surabaya kelas X dan XI pada tahun ajaran 2011-2012. Penelitian ini menurut jenisnya adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang digunakan untuk meneliti adanya hubungan antara dua variabel, yaitu variable pengaruh terpaan iklan hilo teen versi dance dengan persepsi tubuh ideal. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode survey dengan cara membagikan kuesioner kepada sampel yang sudah ditetapkan. Populasi dari penelitian ini adalah 414 siswa siswi. Dari populasi tersebut ditemukan sempel 81 responden. Setelah data-data kuesioner terkumpul, data tersebut kemudian diolah menggunakan program SPSS 17.0 dan dianalisis dengan menggunakan program validitas, realibilitas, frekuensi dan crosstab untuk selanjutnya hasil akan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa seluruh siswa siswi SMA Negeri 1 Surabaya dapat disimpulkan bahwa iklan hilo teen versi dance berpengaruh terhadap tubuh ideal, dimana bahwa tubuh ideal sewajarnya yaitu tumbuh itu keatas, bukan kesamping. Dan para siswa siswi SMA Negeri 1 Surabaya setuju dengan pengaruh dari iklan tersebut terhadap tubuh ideal sebesar 5%. Kata kunci : Media Komunikasi, pengaruh, iklan.