Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS STUDI REKAYASA NILAI (VALUE ENGINEERING) TERHADAP PILIHAN PAKET WISATA (Studi Kasus di CV. Cipta Wisata Indonesia)Penulis : BrahimDosen Pembimbing I : Imron Kuswandi ST. MTDosen Pembimbing II :Agus Salim ST. MTAbstraksi
ABSTRAK Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami peningkatan dan menjadi salah satu pilar penting yang menopang perkonomian Indonesia. Hal ini juga disebabkan oleh peningkatan daya saing pariwisata Indonesia. Namun, peningkatan pada sektor pariwisata dunia dan Indonesia tersebut bertolak belakang dengan apa yang terjadi dengan salah satu perusahaan penggiat jasa pariwisata di Indonesia, CV. Cipta Wisata Indonesia. Perlu diketahui bahwa CV. Cipta Wisata Indonesia justru mengalami penurunan jumlah pelanggan ditengah peningkatan pada sektor wisata dunia dan Indonesia secara keseluruhan. Penurunan jumlah pelanggan bisa dipengaruhi oleh paket wisata yang kurang begitu menarik dan kurang begitu lengkap. Dalam hal ini dibutuhkan suatu penerapan studi rekayasa nilai yang merupakan suatu pendekatan yang bersifat kreatif, sistematis dan teroganisir untuk mencari fungsi terbaik dengan menyeimbangkan antara biaya dan performansi fungsi dari suatu sistem atau produk. Terdapat 5 tahapan dalam rencana kerja penerapan metode rekayasa nilai yaitu: tahap informasi, tahap kreatif, tahap analisa, tahap pengembangan dan tahap rekomendasi. Hasil dari studi rekayasa nilai akan memperlihatkan perbandingan antara alternatif awal dengan alternatif usulan. Berdasarkan perhitungan dengan mengikuti alur dan langkah-langkah rekayasa nilai untuk menentukan paket wisata di CV. Cipta Wisata Indonesia, maka dapat disimpulkan bahwa alternatife yang dipilih sebagai alternatife terbaik adalah alternatife usulan 17 dengan nilai (value) tertinggi yaitu 1,249 bila dibandingkan dengan alternatife awal, alternatife terpilih memiliki performansi lebih baik dari pada alternatife awal, alternatife awal memiliki performansi 7,244 sedangkan alternatife terpilih memiliki performansi 8,622. Kata kunci : Rekayasa Nilai, Paket Wisata, Alternatife Usulan
AbstractionABSTRACT Tourism sector in Indonesia is also the one factor which continue to grow and have become as one of the important factors for the growth of indonesia’s economy. This growth is caused by the enhancement of the Indonesia tourism competitiveness. But in the other side, this growth of world’s and Indonesia’s tourism sector not in line with what have been happened in CV. Cipta Wisata Indonesia as one of the tourism company in Indonesia. For information, CV. Cipta Wisata Indonesia have been derivating when the tourism sector of the world and Indonesia are in positive progress. This phenomena caused by the derivation of customer quantity. The derivation could caused by tourism package which less interesting and less comprehensive than any other tourism agencies. In this case, we need to consider a practice of engineering study. This engineering study is an alternatif approach for the company which the company need to be creative, systematic, and organized to see the best function with balancing the cost and high performance of a system or a product. There are five stages in the practice of engineering study work plan, i.e information stage, creative stage, analysis stage, enhancement stage, and recommendation stage. The result of value engineering will show the comparison between the early alternative with alternative proposals. Based on the calculation with following the grooves and steps of value engineering to define the tourism package in CV. Cipta Wisata Indonesia, then we could conclusioning that the best choosed alternative is the alternative proposals 17 with 1,249 as the highest value. If comparing this alternative with the early alternative, the choosen one have better performance. The early alternative has 7,244 but the choosed alternative had 8,622. Keyword : Value Engineering, Tourism Package, Alternative Proposal