Detail Karya Ilmiah

  • PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UD. BUDI JAYA BANGKALAN ?DENGAN PENDEKATAN MODEL FRED R. DAVID
    Penulis : Yulianto Fauzanta
    Dosen Pembimbing I : Fitri Agustina, S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :Retno Indriartiningtias, S.T., M.T
    Abstraksi

    Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi alam salak. ?Potensi alam tersebut dimanfaatkan oleh UD. Budi Jaya yang terletak di Desa ?Kramat? Bangkalan dengan memproduksi produk olahan salak. Selama ini UD ?Budi Jaya menemui banyak kendala, diantaranya adalah mengenai pemasaran, ?produksi bahan baku, dan lain-lain. salah satu solusi kendala tersebut adalah ?dengan merancang strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi UD Budi Jaya. ?Model strategi Fred R. David mempunyai tiga tahap yaitu tahap masukan, ?pencocokan dan pengambilan keputusan. Matriks-matriks yang digunakan pada ?penelitian ini adalah IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor ?Evaluation), SWOT, IE (Internal-External) Matrix, GRAND STRATEGY Matrix ?dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Hasil penelitian ini adalah ?beberapa alternatif strategi diantaranya adalah Strategi 5 (S5) yaitu menciptakan ?produk olahan baru (diversikasi), Strategi 3 (S3) pengiklanan, Strategi 2 (S2) ?Pengembangan produk yaitu meningkatkan kualitas produk, Strategi 7 (S7) ?Melakukan kesepakatan harga dengan anggota kelompok tani yang lain, dan ?strategi 1 (S1) Memperluas pasar.?

    Abstraction

    Bangkalan is one of the districts that have the potential of natural bark. Natural ?potential use by UD. Budi Jaya is located in the village of Kramat Bangkalan to ?produce refined products barked. During this UD Budi Jaya encountered many ?obstacles, such as the marketing, production materials, and others. one solution to ?the problem is to devise business strategies in accordance with the conditions of UD ?Budi Jaya. Model strategies Fred R. David has three stages: input stage, matching ?and decision making. Matrices used in this study is the IFE (Internal Factor ?Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), SWOT, IE (Internal-External) ?Matrix, GRAND STRATEGY Matrix and QSPM (Quantitative Strategic Planning ?Matrix). The results of this study are several alternative strategies such as Strategy 5 ??(S5), was to create a new refined products (diversification), Strategy 3 (S3) ?advertising, Strategy 2 (S2) Product development is to improve the quality of ?products, Strategy 7 (S7 ) Conducting price agreement with the other members of ?farmer groups, and strategies 1 (S1) Expanding markets.?

Detail Jurnal