Detail Karya Ilmiah
-
SISTEM REKOMENDASI MATERI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KOLB’S LEARNING STYLE PADA MATA PELAJARAN FISIKAPenulis : Rohmatul Islamiyah SafitriDosen Pembimbing I : Andarini Dwi CahyaniDosen Pembimbing II :Firli IrhamniAbstraksi
ABSTRAK Di dalam proses pembelajaran konvensional, setiap peserta didik dianggap mempunyai gaya belajar yang sama atau homogen. Sedangkan pada dasarnya tiap peserta didik mempunyai gaya belajar yang berbeda dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah keanekaragaman gaya belajar tersebut, maka dikembangkan Adaptive E-Learning System. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem rekomendasi materi pembelajaran dimana konten pembelajarannya diadaptasikan dengan gaya belajar berdasarkan Kolb’s learning style dan knowledge level siswa. Kolb’s learning style mempunyai empat gaya belajar yaitu divergen, assimilasi, convergen, dan akomodasi. Knowledge level mempunyai empat atribut yaitu apprentice, beginner, intermediate, dan expert. Sistem rekomendasi materi pembelajaran ini diuji cobakan kepada 116 siswa kelas sepuluh Madrasah Aliyah Negeri Tuban menggunakan kuisioner Kolb’s learning style dengan empat puluh pertanyaan, dengan membandingkan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata postest. Hasil dari siswa yang menggunakan sistem rekomendasi materi pembelajaran e-learning adaptif ini, diperoleh peningkatan nilai sebesar 2,11% dari saat siswa melakukan pretest kemudian siswa melakukan latihan postest. Kata kunci: Adaptive E-Learning System, Kolb’s learning style, sistem rekomendasi materi pembelajaran
AbstractionABSTRACT In the conventional learning process, each student's learning style is considered to have the same or homogen. While essentially every student has different learning styles in the learning process. To solve the problem of diversity of learning styles, then developed Adaptive E-Learning System. This study aims to make learning material recommendation system where the learning content is adapted to the learning styles based on Kolb's learning style and knowledge level of the students. Kolb 's learning style has four learning styles are divergent, assimilation, convergen, and accommodations. Knowledge level has four attributes, namely apprentice, beginner, intermediate, and expert. This learning material recommendation system tested to 116 tenth grade students of MAN Tuban using Kolb's learning styles questionnaire with forty questions, by comparing the average value of the pretest and posttest mean value. The results of students who use the learning material recommendation system of e-learning is adaptive, obtained a value of 2.11% improvement of current students and then the students perform pretest posttest exercise. Keywords: Adaptive E-Learning System, Kolb’s learning style, material recommendation system