Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK ANAK
    Penulis : Yoga Ryandita
    Dosen Pembimbing I : Arif Muntasa, S.Si., MT
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very Angkoso, ST., MT
    Abstraksi

    Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat terutama di bidang multimedia, manusia dituntut untuk memiliki kemampuan bahasa yang bagus. Bahasa Inggris memiliki peranan penting dan menjadi salah satu bahasa yang amat sangat penting untuk dipelajari, karena banyak teknologi maju dalam bidang multimedia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa mendasar untuk saling berkomunikasi. Saat ini pembuatan game edukasi tengah berkembang pesat ditengah-tengah masyarakat, dan banyak anak kecil yang bosan untuk belajar bahasa Inggris namun gemar bermain game, maka perancangan game edukasi ini perlu untuk dilakukan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik minat anak-anak untuk belajar. Dalam game Bahasa Inggris ini, pengguna selain belajar cara pengucapan kata yang benar, pengenalan warna dan nama-nama hari pengguna juga dapat menikmati beberapa permainan yang disediakan seperti menebak gambar. Berdasarkan hasil uji coba pada pengguna bahwa game ini user friendly. 85% responden menyatakan game menarik, 40% responden menyatakan game masih sulit, sisi materi 90% responden sangat membantu dalam permainan, sisanya 10% belum terbantu. Kata Kunci: game Bahasa Inggris, edukasi, anak.

    Abstraction

    Along with the technology development that is growing rapidly especially in the field of multimedia, people are required to have a good language skills. English has a significant role and become one of the languages is extremely important to learn, because a lot of advanced technology in the field of multimedia use English as the basic language to communicate with each other. Educational game construction has been developt in the midst of society these day, and a lot of children who are bored to learn English but they loved to played game, so the design of this educational game needs to be done as an interactive learning media and attract children to learn. In this English game, beside an addition to learning the correct pronunciation of words for user, the introduction of colors and the names of days users can also enjoy some of the games provided such as guessing a picture. Based on the trial results to the user that the game is user friendly. 85% of respondents state the game interesting, 40% respondents state the game still difficult, for the material side 90% respondents helped in the game, the 10% rest has not helped. Keywords: English language game, education, children.

Detail Jurnal