Detail Karya Ilmiah

  • Sistem Rekomendasi Produk Pada M-Commerce Berbasis Android Menggunakan Metode Collaborative Filtering
    Penulis : Adytiya Dwi Putra
    Dosen Pembimbing I : Bain Khusnul Khotimah, ST., M.Kom.
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Fuad, S.Kom., MT.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pertumbuhan bisnis di Indonesia terutama bisnis online semakin berkembang pesat. Perkembangan ini dikarenakan semakin mudahnya cara akses internet oleh masyarakat. Dari tahun ke tahun jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, peningkatan ini merupakan peluang untuk berbisnis. Dalam penelitian ini saya membuat aplikasi m-commerce berbasis android, dimana dalam aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pemesanan aksesoris handphone ataupun memberikan informasi produk secara update dan juga memberikan rekomendasi produk yang tepat pada konsumen yang diterapkan pada perangkat mobile phone karena dengan aplikasi ini konsumen tidak lagi harus membuka website untuk melihat ketersediaan barang di Cullen Store, aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses kebutuhan informasi tersebut dalam melakukan pemesanan aksesoris handphone ataupun yang sekedar ingin mengetahui ketersediaan stok dan juga untuk memperoleh informasi produk terbaru, aplikasi ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan. Aplikasi yang telah dibuat telah dilakukan uji coba dengan diambil beberapa data yaitu dengan 20 data konsumen dan 20 data produk melalui proses perhitungan metode collaborative filtering, dimana dalam uji coba ini berhasil memberikan rekomendasi produk Sandisk 64gb kepada pengguna yang bernama Afrizar. Kata kunci : Aksesoris handphone, m-commerce, android, collaborative filtering

    Abstraction

    ABSTRACT Business growth in Indonesia, especially online business is growing rapidly. This development is due to the easy way Internet access by the public. From year to year the number of Internet users in Indonesia is increasing, this is an opportunity to increase business. In this research, I make m-commerce applications based on Android, which in this application can be used to place an order phone accessories or provide product information updates and also provide the right product recommendations on consumers who applied to mobile phone devices with this application because the consumer no longer have to open the website to see the availability of goods in Cullen Store, this app can make it easy for consumers to access the information needs of mobile phone accessories in the book or who simply want to know the availability of stock and also to obtain the latest product information, this application also can help increase sales. Applications that have been made have been tested with some of data that is retrieved by are twenty consumer data and twenty products data through the calculation process of collaborative filtering method, which in this trial failed to provide recommendations to users 64GB SanDisk products named Afrizar. Keywords : Phone Accessories, M-Commerce, Android, Collaborative Filtering

Detail Jurnal