Detail Karya Ilmiah
-
RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA KULIAH BASIS DATA (Studi Kasus : Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura)Penulis : Kharisma AlamDosen Pembimbing I : AndhariniDwiCahyani, S.Kom.,M.Kom.Dosen Pembimbing II :SigitSusantoPutro, S.Kom, M.KomAbstraksi
E-Learning(electronic learning) adalah kegiatan belajar menggunakan media elektronik yang memafaatkan teknologi komputer, jaringan komputer atau internet. Media pembelajaran interktif pada tugas akhir ini berupa multimedia interaktif adalah salah satu contoh dari pemanfaatan e-learning. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran yang interaktif agar dapat membimbing mahasiswa untuk lebih mempermudah untuk mempelajari basis data. Dalam media pembelajaran ini terdapat beberapa bab dan sub bab yang akan dibahas berupa tombol sehingga memudahkan user untuk memilih bab yang akan dipelajari. Selain itu juga terdapat tombol navigasi mempermudah user dalam penggunaan. Dalam media pembelajaran ini juga ada konten latihan soal di setiap bab sebagai sarana mengukur sejauh mana pemahaman user di setiap bab-nya. Hasil pengujian penelitian ini pada kuisioner dapat disimpulkan dari 15 responden.Aplikasi ini dapat mempermudah pemahaman pada mata kuliah basis data. Sebanyak 6 responden menyatakan setuju, 6 responden menyatakan cukup setuju dan 3 responden menyatakan sangat setuju. Sebanyak 7 responden menyatakan aplikasi ini penting, 4 responden menyatakan sangat penting dan sebanyak 4 responden menyatakan cukup penting. Kata kunci : Media PembelajaranInteraktif, Basis Data
AbstractionE-Learning (electronic learning) is learning to use electronic media harness computer technology, computer network or the Internet. Instructional media interactively in this final form of interactive multimedia is one example of the use of e-learning. The purpose of this thesis is to create an interactive learning media in order to guide students to further facilitate to learn database. In this instructional media there are several chapters and sub-chapters that will be discussed in the form of a button that allows the user to choose the chapters that will be studied. There is also the navigation buttons facilitate users in use. In this instructional media content also exercises in each chapter as a means of measuring the extent of understanding the user in each of his chapters. The results of this study testing the questionnaire can be inferred from this responden.Aplikasi 15 can facilitate the understanding of the course database. A total of 6 respondents agreed, 6 respondents stated quite agree and 3 respondents stated strongly agree. A total of 7 respondents stated that this application is important, 4 respondents stated very important and as many as four respondents stated quite important. Keywords: Media PembelajaranInteraktif, Database