Detail Karya Ilmiah
-
Sistem Informasi Evaluasi Mutu Akademik Dan Proses Pembelajaran Studi Kasus: Program Studi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura Menggunakan Metode Enhanced Cumulative VotingPenulis : Aris Eko PriyantoDosen Pembimbing I : Achmad Jauhari, S.T., M.KomDosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, S.T., M.T.Abstraksi
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada Universitas Trunojoyo Madura jurusan teknik informatika diperlukan adanya evaluasi pembelajaran. Salah satu cara adalah membuat survei. Peserta survei adalah mahasiswa dan hasilnya menjadi masukan tim penjamin mutu. Kondisi pengisian survei dan rekapitulasi hasil saat ini dilakukan dengan cara penulisan pada kertas sehingga akan dibuatkan sebuah sistem secara elektronik mulai dari pengisian hingga rekapitulasi. Metode yang digunakan saat ini adalah cumulative voting. Metode tersebut mudah dan cepat di implementasikan. Namun hasilnya kurang dapat diandalkan. Dikarenakan metode Cumulative Voting tidak melihat latar belakang obyek yang berkontribusi dalam mutu akademik dalam hal ini adalah mahasiswa. Maka dari itu dalam pembahasan ini akan menggunakan metode Enhanced Cumulative Voting selanjutnya disingkat (ECV). Dimana metode ini meningkatkan kualitas hasil dari Cumulative Voting dengan cara mengelompokan obyek mahasiswa ke dalam beberapa kriteria, yakni tahun angkatan, jumlah kehadiran, status mata kuliah yang diambil dan lama waktu pengisian form. Setelah mahasiswa di kelompokan, maka akan dilakukan pembobotan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process skala 1-9. Dengan menggunakan metode ECV maka hasil dari evaluasi diharapkan akan mendekati kenyataan dikarenakan melihat dari pengelompokan berdasar kriteria. Kata Kunci: AHP, Cumulative Voting, weights, method of ranking.
AbstractionTo improve the quality of teaching at the University Trunojoyo Informatics Engineering is required for the evaluation of learning. One way is to create a survey. Survey participants were students and the results are input into the quality assurance team. Charging conditions and the recapitulation of the current survey is done by writing on paper so that you will be creating an electronic system from filling up the recapitulation. The method used today is the cumulative voting. The method is easy and quick to implement. However, the results are less reliable. Due to the method of Cumulative Voting does not see the background object that contribute to academic quality in this case is a student. Therefore in this discussion will use the methods of Cumulative Voting Enhanced hereinafter abbreviated as (ECV). Where this method of improving the quality of the results of Cumulative Voting by way of classifying objects students into several criteria, namely in force, the number of attendance, the status of the courses taken and the length of time filling the form. Once students are grouped, it will be weighted using Analytical Hierarchy Process scale of 1-9. By using ECV then the results of the evaluation are expected to be close to reality because the look of the grouping based on the criteria. Keywords: AHP, Cumulative Voting, weights, method of ranking.