Detail Karya Ilmiah

  • Manajemen Workflow Layanan Akademik Berbasis Business Process Management System (BPMS)
    Penulis : Didik Mawardi
    Dosen Pembimbing I : Hermawan S.T., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Yeni Kustiyahningsih, S.Kom., M.Kom
    Abstraksi

    Layanan akademik merupakan usaha yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk memberikan kemudahan pada pemenuhan kebutuhan mahasiswa dalam hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik. Untuk mendapatkan suatu layanan akademik yang efektif dan efisien diperlukan pemodelan dengan menggunakan BPMS. BPMS menyediakan visualisasi model proses bisnis dengan berbagai fasilitas pendukung runtime service, yang mampu menjembatani antara kebutuhan strategi bisnis dan teknologi informasi. Melalui penggunaan BPMS yang didukung pemodelan yang praktis mampu mengoptimalkan efisiensi penggunaan waktu, tenaga dan biaya baik selama proses pembangunan maupun implementasinya. Dari model dan desain yang digunakan pada penelitian ini didapatkan implementasi sistem yang handal untuk transaksi real time yang memenuhi kebutuhan proses bisnis yang kompleks, yaitu pada layanan akademik perguruan tinggi.

    Abstraction

    Academic Services is an attempt managed by the college to facilitate the needs of students related to the academic problems. Thus, to deal with effective and efficient academic services is required a certain model using BPMS. The BPMS provides a visualization of business process model with different facilities of runtime services, which are able to relate the needs of business strategies and information technology. Using BPMS with practical model support can optimize the efficiency of time, energy, and cost either during the process of development or implementation. Ultimately, the model and design applied in this research produced a great system implementation for real-time transaction that facilitates the needs of complex business process, i.e. the college academic services.

Detail Jurnal