Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN GAME IQRA’ SEBAGAI GAME EDUKASI MENGENAL HURUF HIJAIYAH
    Penulis : achmad vicky faisal
    Dosen Pembimbing I : Dr. Indah Agustien S., S. Kom, M. Kom
    Dosen Pembimbing II :Rima Tri Wahyuningrum, S. T., M. T
    Abstraksi

    Teknologi saat ini mengalami banyak perubahan yang sangat pesat, terutama dibidang multimedia, sebab perkembangan tekhnologi yang semakin pesat akhir- akhir ini akan berdampak kepada aspek yang lainnya. Diera teknologi yang sudah modern multimedia terutama game tidak hanya dibuat untuk sekedar bermain saja, tetapi digunakan dalam pembuatan media pembelajaran yang sangat menyenangkan dengan memanfaatkan beberapa software. Saat ini pembuatan game edukasi sangat berkembang banyak di tengah- tengah masyarakat terutama dikalangan anak-anak telah banyak memainkan berbagai jenis game, game yang dibuat dalam Tugas Akhir (TA) ini adalah game Iqra’ yang berbasis game edukasi. Game Iqra’ ini merupakan sebuah permainan yang bertujuan untuk memperkenalkan huruf hijaiyah, mulai cara membacanya sampai memberi harokat. Dalam game ini pengguna selain belajar, juga menikmati beberapa permainan yang ada seperti menebak huruf hijaiyah yang sudah dipelajari pada menu sebelumnya, sehingga dapat melatih logika serta imajinasi pada anak. Baca tulis Al-qur’an hanya digunakan ketika anak anak berada di dalam kelas TPQ dan TPA dan dalam waktu terbatas dengan metode belajar yang sangat membosankan dan kurang menarik. Maka dari itu, game ini dirancang menjadi game yang menarik serta menyenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan anak anak dalam mengenal dan membaca huruf hijaiyah. Berdasarkan hasil ujicoba kepada pengguna bahwa geme ini user friendly. 60% responden menyatakan game ini masih sulit dimainkan, 70%responden menyatakan game ini menarik. Sisi materi 90% responden sangat membantu dalam permainan game Iqra’ ini. Kata kunci : game Iqra’, edukasi, huruf hijaiyah, anak

    Abstraction

    The early of technology development were change quickly, namely is multimedia tield, therefore the development of technology as possible which is will be effect the other fields. In modern era, the technology of multimedia the way to play a game is not for playing but also i’t used for studying process to pleasure using some software. To day, the production of education of game is intensely in civil society namely in children. They play the any games carefully, the game is mad for final project is Iqra’ game whic is test the basic education geme to children. Iqra’ game is the playing that has purpouse to introduce hijaiyah capital, start from reading until giving Harokat. In this game, the player are not only study, but also be enjoyed any games such guess of Hijaiyah capital, guess Harokat and tanwin, whic are, the all of its be a pleace in the esculf game. While i’t to training the cappability of children. In imagination and logic, reading of Holy Qur’an just only in learning of TPQ and TPA in limeted time by using the old methode be boring and is not interest. So that, this game is mad to be interesting, enjoying, and be increasing the cappability of children to know and read Hijaiyah capital. Based on the result of reasech the user of this game was classify on user friendly 30 % respondece whic is show the difficult to play, 70% respondence said interesting, part of matery 90% respondence said very usefull in playing Iqra’ game, the remaining 10% have not helped. Keywords: Iqra’ game, education, Hjaiyah capital, children.

Detail Jurnal