Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN HURUF ALFABET UNTUK PERANGKAT MOBILE ANDROID
    Penulis : Heru Prayogo
    Dosen Pembimbing I : Cucun Very Angkoso S.T. M.T
    Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih S.T. M.T.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan salah satu solusi untuk mempermudah penyampaian pesan yang dimaksud dalam sebuah materi pembelajaran karena akan mempercepat anak didik untuk memahami pelajaran atau materi yang dimaksud. Penggunaan perangkat mobile berbasis sistem operasi Android sebagai media pembelajaran sudah banyak dikembangkan karena aplikasinya memiliki tampilan yang user friendly dengan interaksi layar sentuh yang menarik untuk selalu digunakan terutama oleh anak-anak. Dalam media pembelajaran yang dikembangkan, terdapat pengenalan pola dari karakter alfabet yang berfungsi untuk menguji pemahaman karakter dari pengguna setelah mempelajari bentuknya lewat tutorial. Pengujian dilakukan secara langsung dengan menuliskan bentuk dari huruf kapital. Dengan menggunakan mesin pengenalan pola yang telah dikembangkan oleh Tesseract, mesin open source yang umum digunakan sebagai Optical Character Recognition (OCR) akan dilakukan koreksi dari huruf kapital yang ditulis. Aplikasi media pembelajaran berfungsi dengan baik pada perangkat dengan berfungsinya semua tombol dan atribut aplikasi. Mesin Tesseract yang digunakan memiliki tingkat akurasi pengenalan 100% pada huruf kapital dengan jenis Arial, Calibri dan Times New Roman. Selain itu aplikasi tersebut juga memiliki respon postif dari anak-anak yang telah menggunakannya. 100% dari sampel uji coba menyatakan bahwa aplikasi tersebut menarik dan membantu dalam mengenal huruf alfabet.

    Abstraction

    Learning Media is a solution to facilitate the delivery of the message in a materials of learning as it will accelerate students to understand the materials. The use of mobile devices based on Android operating system as a medium of learning has developed a lot since the application has a user friendly display with touch screen interaction and its always attractive for use especially by children. In this learning media, there is recognition from the character alphabet pattern that serves to test the understanding of the character from the user after studying its shape through the tutorial. Testing by writing the form from a capital letter directly. By using pattern recognition engine that have been developed by Tesseract, an open source engine which is commonly used as Optical Character Recognition (OCR), then the written capital letters will be corrected. Learning media application works fine on the device with the proper functioning of all the applications attributes. Tesseract engine has a 100% recognition accuracy rate on capital letters with type Arial, Calibri and Times New Roman. In addition the application also had a positive response from the children who have used it. 100% from test sample stated that the application is interesting and helps them in recognizing letters of the alphabet.

Detail Jurnal