Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI DAN DESAIN MODEL DECISION AID PELANGGAN PADA E-COMMERCE TOKO BATIK TULIS MADURAPenulis : Ardiyanto SetiawanDosen Pembimbing I : Moch. Kautsar Sophan, S.Kom., M.MT.Dosen Pembimbing II :Yeni Kustiyah Ningsih, S.Kom., M.Kom.Abstraksi
Toko Batik Tulis Madura merupakan salah satu toko yang telah beroperasi sejak tahun 2011 dengan menggunakan website e-commerce. Walau telah menggunakan model e-commerce, website tersebut memiliki kekurangan yaitu belum ada fitur rekomndasi untuk memudahkan konsumen mencari barang yang ingin dibelinya. Penelitian ini bertujuan membuat rekomendasi dengan decision aid untuk membantu pelanggan dalam memilih produk di website Toko Batik Tulis Madura. Teknik pengumpulan analis data terdiri dari Studi Literatur yang berhubungan dengan decision aid dan multi criteria, Observasi dilakukan terhadap website Toko Batik Tulis Madura dan Interview dilakukan kepada pemilik website Toko Batik Tulis Madura. Pembuatan implementasi pada Penelitian ini menggunakan model waterfall. Jenis decision aid yang akan diimplementasikan adalah Multi Criteria Filtering. Metode pembobotan yang digunakan pada Multi Criteria Filtering yaitu Decision Matrix. Hasil ujicoba dengan jumlah sample percobaan sebanyak 50 kali data perconbaan pencarian, presentase akurasi adalah 94% dan error adalah 6%. Hasil uji kelayakan dari beberapa kuisoner dihasilkan bahwa performa yang dimiliki tool ini cukup baik dan tool ini layak untuk diintegrasikan serta digunakan dalam website e-commerce. Kata Kunci: Decision, Aid, Multi, Criteria, Filtering
AbstractionToko Batik Tulis Madura is one store that has been operating since 2011 by use e-commerce websites. Although the model has been using e-commerce, the website has the disadvantage that there is no feature to facilitate consumer’s recommendation looking for items to buy. This study aims to make recommendations with a decision aid to assist customers in choosing products on the website Toko Batik Tulis Madura. The technique consists of collecting data analyst is Literature related to decision aid and multi-criteria, observations to the Toko Batik Tulis Madura website and the interview was conducted to Toko Batik Tulis Madura website owners. Making the implementation of the study uses the waterfall model. Types of decision aid that will be implemented are a Multi Criteria Filtering. Weighting method used in the Multi-Criteria Filtering is Decision Matrix. The results of experimental trials with number of sample 50 times search experimental data, the percentage of accuracy is 94% and the error is 6%. The results of the feasibility test questionnaire produced some that the performance of the tool is pretty good and it's a good tool to be integrated and used in e-commerce websites. Keywords: Decision, Aid, Multi, Criteria, Filtering