Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KUALITAS PELAYANAN (Service Quality) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RUMAH MAKAN SINAR JAYA (BEBEK SINJAY) BANGKALAN MADURA
    Penulis : Yulianto zainul fahman
    Dosen Pembimbing I : Ir. muhammad fakhry, MP
    Dosen Pembimbing II :Millatul ulya, STP,MT
    Abstraksi

    Kebutuhan manusia akan pangan selalu menjadi salah satu kebutuhan utama. Kota-kota wisata yang banyak dikunjungi oleh warga negara asing maupun lokal memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner. Ketatnya persaingan saat membuat para pengusaha rumah makan saling bersaing untuk merebut hati pelanggan. Loyalitas pelanggan adalah kunci sukses bagi perusahaan, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi menjadi keunggulan bersaing yang berkelanjutan. Rumah makan terutama rumah makan olahan bahan dasar bebek kini banyak berdiri. Sampai tahun 2013 tercatat ada 86 rumah makan di Bangkalan (Disperindag Kab. Bangkalan, 2013) salah satunya adalah rumah makan sinar jaya (Sinjay) yang terkenal dengan bebek sinjay. Pelayanan menjadi bagian penting untuk merebut hati konsumen yang dicerminkan oleh perilaku dalam berinteraksi dengan para tamu dan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan yang bersifat teknis. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari proses wawancara, observasi dan pembagian kuisoner yang kemudian dianalisis menggunakan uji validitas dan realibilitas yang dilanjutkan dengan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (service quality) yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), serta empati (empathy) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen rumah makan nasi bebek Sinjay diterima. Variabel yang pengaruhnya paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen rumah makan bebek Sinjay adalah daya tanggap (responsiveness).

    Abstraction

    Human need for food has always been one of the main requirements . Tourist cities visited by many foreign and local citizens have a special attraction for entrepreneurs to develop businesses in the culinary field . Intense competition while eating home made ??entrepreneurs compete to win the hearts of customers . Customer loyalty is the key to success for the company , not only in the short term , but it becomes a sustainable competitive advantage . The house eating houses eating mainly processed basic ingredients duck is now widely established . Until the year 2013 , there were 86 home eating in Bangkalan ( Disperindag District. Bangkalan , 2013) one of which is the glorious light meal ( Sinjay ) is famous for its duck sinjay . Services becomes an important part to win the hearts of consumers as reflected by behavior in interacting with the guests and the ability to complete the work of a technical nature . This study uses primary data obtained from the interviews , observations , and distribution of the questionnaire were then analyzed using the validity and reliability test followed by multiple linear regression . The results showed multiple linear regression analysis showed that the quality of service (service quality ) that consists of physical evidence ( tangibles ) , reliability (reliability ) , responsiveness (responsiveness ) , guarantee (assurance ) , and empathy ( empathy) simultaneously significant effect on food consumers purchase decisions duck rice Sinjay accepted . The variables most dominant influence on consumer purchasing decisions are home eating duck Sinjay responsiveness (responsiveness ) .

Detail Jurnal