Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN PISANG GORENG KREMES UD PONTIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE KANO
    Penulis : Rendy Erwinsyah Putra
    Dosen Pembimbing I : BURHAN, S.TP., MT
    Dosen Pembimbing II :BANUN DIYAH PROBOWATI, S.TP., M,SI
    Abstraksi

    Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masnyarakat dan sangat membantu negara/pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan mendukung pendapatan rumah tangga. Salah satu UKM yang bergerak di bidang pangan adalah pisang goreng kremes rasa-rasa UD.PONTIA. Dalam pengembangan usaha salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah keinginan konsumen. Keinginan konsumen dapat diketahui dengan perilaku dan preferensi konsumen. Untuk mengetahui preferensi konsumen dapat dilakukan dengan metode KANO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk dan mengetahui atribut yang harus dipertahankan dan diperbaiki dalam produk UD.PONTIA. Pengumpulan data penelitian secara primer dan sekunder dengan hasil terdapat 13 atribut yang termasuk kategori indifferent, 2 atribut yang termasuk dalam kategori must be dan 6 atribut yang termasuk kategori one dimensional. Dalam penghitungan koefisien kepuasan konsumen (CSC) atribut yang berada pada kepuasaan konsumen paling tinggi adalah jenis rasa dan atribut yang berada pada ketidakpuasaan paling tinggi adalah tempat menampung konsumen. Jadi dapat disimpulkan parameter yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk adalah kemasan, rasa, jaminan, harga, pelayanan dan tempat. Sedangkan atribut yang harus dipertahankan adalah jenis rasa, kualitas rasa, variasi rasa coklat keju, hygienitas produk, keramahan dan kecepatan karyawan dan atribut yang harus diperbaiki adalah tempat pemasaran serta tempat untuk menampung konsumen.

    Abstraction

Detail Jurnal