Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Usaha Kerupuk Ikan Berskala Rumah Tangga di Desa Labuhan Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang
    Penulis : Firman Hidayat
    Dosen Pembimbing I : Taufik R.D.A. Nugroho, SP.,MM
    Dosen Pembimbing II :Slamet Widodo, SP.,M.Si
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil usaha, manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan kelayakan usaha kerupuk ikan di Desa Labuhan Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis finansial (analisis biaya dan pendapatan, R/C Ratio, BEP, dan ROI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha kerupuk ikan di desa labuhan merupakan usaha berskala rumah tangga, milik sendiri, modal awal berasal dari modal sendiri dan belum mempunyai surat ijin usaha. Proses produksi menggunakan bahan baku ikan “gellek” dengan peralatan yang masih tradisional. Sumber daya manusia berasal dari saudara ataupun tetangga sekitar tempat produksi. Kerupuk ikan di desa labuhan menggunakan dua jalur pemasaran, yaitu dari produsen ke pengecer ke konsumen, dan dari produsen ke konsumen. Secara finansial, usaha kerupuk ikan di desa labuhan layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan. Kata kunci: profil usaha, manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, kelayakan finansial.

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the profile of the business, production management, human resource management, marketing management, and business feasibility fish crackers in the village of Labuan District of Sreseh Sampang. The samples in this study using purposive sampling technique. The method used is descriptive analysis methods and financial analysis (analysis of costs and revenues, R / C Ratio, BEP, and ROI). Results showed that the fish cracker business in the village harbor a household scale business, own property, the initial capital comes from its own capital and do not have a business license. The production process uses raw materials of fish " gellek " with equipment that is still traditional. Human resources come from relatives or neighbors about the place of production. Fish crackers in the village harbor using two marketing channels, namely from producer to retailer to consumer, and from producers to consumers. Financially, fish cracker business in the harbor village deserves to be continued and developed. Keywords: business profiles, production management, human resource management, marketing management, financial feasibility.

Detail Jurnal