Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PENGEMBANGAN KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH BMT-UGT SIDOGIRI CABANG SIDODADI SURABAYA
    Penulis : A. Khoiron Ubaid
    Dosen Pembimbing I : Mokh. Rum, SP, MP.
    Dosen Pembimbing II :Taufik R. D. A. Nugroho, SP, MM.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan di KJKS BMT-UGT Sidogiri Cabang Sidodadi Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis produk, mengetahui strategi pemasaran dan memformulasi alternatif strategi yang sesuai untuk diterapkan dalam pengembangan KJKS BMT-UGT Sidogiri Cabang Sidodadi Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, analisis dokumen dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jenis-jenis produk di lokasi penelitian terdiri dari produk tabungan yang meliputi: tabungan umum syari‘ah, tabungan haji, tabungan ‘umrah, tabungan ‘idul fitr, tabungan peduli siswa, tabungan walimah dan deposito mudarabah. Selain itu juga ada produk pembiayaan yaitu: mudarabah (bagi hasil), musyarakah (penyertaan), murabahah (jual beli), bai’ bi thaman al-ajil (jual beli) dan rahn. Produk yang lain berupa jasa pelayanan transfer dan coorporate social responsibility berupa Santunan Muawanah dan Lembaga ‘Amil Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf. Strategi pemasaran yang dilakukan berlandaskan pada bauran pemasaran atau marketing mix terdiri dari product, price, place dan promotion. Hasil penyesuaian berdasarkan Integrasi Matriks IE dan Matriks SWOT didapat beberapa alternatif strategi yang dilakukan dalam pengembangan KJKS BMT-UGT Sidogiri cabang Sidodadi Surabaya diantaranya: menjalin hubungan baik dengan pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan KJKS, perlu adnya penetrasi dan pengembangan pasar dengan meningkatkan kontribusi dari produk pembiayaan, meningkatkan hubungan kemitraan dengan lembaga keuangan/donor untuk meningkatkan akses pendanaan yang murah, peningkatan kegiatan promosi baik melalui media massa, surat kabar maupun media online, optimalisasi peran Inkopsyah untuk penguatan kelembagaan, optimalisasi pelayanan dan pembinaan usaha anggota untuk memotivasi loyalitas dan minat menabung anggota, mengintensifkan pendidikan/ pelatihan pengelola untuk meningkatkan kualitas pelayanan, manajemen dan penerapan prinsip syariah, pembinaan karyawan melalui pelatihan keterampilan teknologi informasi, menjalin komunikasi yang intensif dengan pemerintah terkait pengembangan KJKS dan minimalisasi risiko dengan penyempurnaan proses, prosedur, dan pengawasan manajemen terhadap nasabah serta melakukan segmentasi pasar sasaran. Kata kunci: Strategi pengembangan, Koperasi Jasa Keuangan Syariah, BMT-UGT Sidogiri, analisis SWOT.

    Abstraction

    ABSTRACT This research was conducted in KJKS BMT - UGT Sidogiri Sidodadi Branch Surabaya . The purpose of this study is to identify the types of products , marketing strategies and determine appropriate strategies to formulate alternatives to be applied in the development of KJKS BMT - UGT Sidogiri Sidodadi Branch in Surabaya . The method used is descriptive method qualitative case study research strategy and using the techniques of data collection through interviews , observation , document analysis and literature study . Based on the survey results revealed that the types of products at the study site consists of savings products which include : general savings Shari'ah , hajj savings , savings ' Umrah , savings ' Eid al- fitr , student care savings , savings and time deposits walimah mudarabah . There was also a financial product , namely : Mudarabah (profit sharing ) , Musharaka ( equity participation ) , murabaha ( sale ) , bai ' bi thaman al - ajil ( buying and selling ) and rahn . Other products in the form of transfers and services such as Corporate Social Responsibility Compensation and Organization Muawanah ' Amil Zakat , Infaq , Sadaqah and Waqf . Marketing strategy was based on the marketing mix or marketing mix consists of product, price , place and promotion . The result of the adjustment is based on IE and Integration Matrix SWOT Matrix obtained several alternative strategies undertaken in the development of KJKS BMT - UGT Sidogiri Sidodadi Surabaya branch are: to establish good relations with the government in the guidance and supervision KJKS , need adnya penetration and market development by increasing the contribution of financing products , enhancing partnerships with financial institutions / donors to improve access cheap funding , an increase in promotional activities through the mass media , newspapers and online media , optimization Inkopsyah role for institutional strengthening , optimization and business coaching services to motivate members of the loyalty and interest of saving members , intensify education / training managers to improve service quality , management and application of Islamic principles , coaching employees through information technology skills training , intensive establish communication with relevant government KJKS development and refinement of risk minimization with process , procedures , and management oversight of the customer as well as perform target market segmentation Keyword: Development strategy, BMT-UGT Sidogiri, SWOT analizys.

Detail Jurnal