Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK MADURAPenulis : Yunita KurniatiDosen Pembimbing I : Dr. Elyz Fauziah, SP., MPDosen Pembimbing II :Amanatuz Zuhriyah, SP., MMAAbstraksi
Perkembangan dunia bisnis saat ini tumbuh dengan pesat, baik bisnis besar maupun bisnis usaha kecil dan menengah. Bisnis yang bergerak dibidang perdagangan batik juga menunjukkan pertumbuhan yang positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen yang membeli produk batik Madura dan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan distribusi) terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk batik Madura. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bangkalan dan di Kabupaten Pamekasan. metode pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif Kualitatif yaitu untuk mengetahui karakteristik responden dan Analisis Regresi Linear Berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran yaitu: produk (X1), harga (X2), promosi (X3), distribusi (X4) terhadap variabel keputusan pembelian konsumen (Y). hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam penelitian ini konsumen yang menggunakan batik Madura sebagian besar berusia antara 20-39 tahun, dan jenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi (PT) dan memiliki pendapatan kurang dari atau sama dengan (?) Rp. 900.000, serta jenis pekerjaan adalah swasta. Dan berdasarkan hasil uji analisis regresi diketahui variabel bauran pemasaran secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk batik Madura. Sedangkan dari analisis parsial (sendiri-sendiri) diketahui variabel produk dan harga yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli batik Madura. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Batik Madura
AbstractionThe development of today's business world is growing rapidly, both big business and small and medium-sized businesses. Businesses engaged in the trade batik also showed positive growth. The purpose of this study was to investigate the characteristics of consumers who buy products Madura batik and to analyze the influence of the marketing mix (product, price, promotion, and distribution) against the decisions of consumers into buying products Madura batik. The research was conducted in Bangkalan and Pamekasan. sampling method using accidental sampling method while the method of analysis used is descriptive analysis method to determine the qualitative characteristics of respondents and Multiple Linear Regression Analysis to determine how much influence the marketing mix: product (X1), price (X2), promotion (X3) , distribution (X4) of the consumer purchase decision variable (Y). results showed that consumers in this study using Madura batik mostly aged between 20-39 years, and female gender with a college education level (PT) and have incomes less than or equal to (?) Rp. 900.000, as well as the type of work is private. And based on regression analysis of test results known to the marketing mix variables simultaneously (together) influence the purchasing decisions of consumers in Madura batik products. While the partial analysis (individually) are known variables that affect prices of products and consumers in the purchase decision Madura batik. Keywords: Marketing Mix, Purchase Decision, Batik Madura