Detail Karya Ilmiah

  • PROSPEK USAHA BAKSO IKAN DI PULAU MANDANGIN KABUPATEN SAMPANG
    Penulis : ENDAR PUSPA DESA
    Dosen Pembimbing I : Ihsannudin, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Aminah Happy M.A, SP., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Salah satu pulau kecil yang memerlukan adanya upaya penerapan nilai tambah adalah Pulau Mandangin di Kabupaten Sampang. Penerapan nilai tambah dalam hal ini dapat dilakukan pada sumberdaya hasil perikanan laut yang sangat melimpah di Pulau Mandangin. Salah satu bentuk dari penerapan nilai tambah pada produk perikanan ini dapat berupa pengolahan ikan menjadi bakso ikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prospek usaha bakso ikan di Pulau Mandangin dilihat dari kondisi sosial ekonomi masyarakat, kelayakan finansial, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesukaan konsumen terhadap produk bakso. Penentuan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif,analisis kelayakan finansial serta uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi masayarakat Pulau Mandangin masih tergolong rendah. Sedangkan dari hasil analisis finansial usaha bakso ikan menunjukkan bahwa usaha bakso ikan layak dijalankan karena mempunyai nilai R/C rasio sebesar 1,5 dengan jangka waktu pengembalian investasi selama 1 tahun 7 bulan. Serta faktor-faktor yang cenderung berpengaruh terhadap preferensi konsumen bakso di Pulau Mandangin adalah produk, lingkungan, psikologis, individu, keluarga dan pendidikan. Kata Kunci: Bakso ikan, Kelayakan Finansial, Preferensi Konsumen

    Abstraction

    ABSTRACT One of the small island which needs the application of value-added effort is Mandangin Island of Sampang. It can be made on marine fishery resources of Mandangin Island. One form of the application of value-added fishery products are as the processing of fish into fish meatballs. The purpose of this study to know the prospects of fish meatball in Mandangin Island that seen from the socio-economic conditions, financial feasibility, and the factors which influence the level of consumer preferences to meatballs. Determination of sample is made by the Sampling Porposive method, while the analyzing method is qualitative descriptive, feasibility analysis, and Chi Square test. The result of this study shows that the socio-economic conditions of Mandangin is still low. While the financial result of the analysis indicate that fish meatball is good for business because it has a value of R / C ratio of 1.5 by a payback period of investment for 1 year and 7 months. While the factors that influence the consumer preference of fish meatball in Mandangin are the product, environment, psychological, individual, family and education. Keywords: fish meatballs, Financial Feasibility, Consumer Preference

Detail Jurnal