Detail Karya Ilmiah
-
PEMAHAMAN MAHASISWA KONSENTRASI AKUNTANSI SYARIAH TERHADAP MATA KULIAH AKUNTANSI KEUANGAN SYARIAH (Study Mahasiswa Konsentrasi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo maduPenulis : KarimollahDosen Pembimbing I : Robiatul Auliyah.,SE.,MSADosen Pembimbing II :Rindah Febriana Suryawati,SE.,M.Acc.,Ak, CAAbstraksi
Karimolllah. 2013. Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Syariah merupakan mata kuliah yang ada diKonsentrasi Syariah Fakultas Ekonomi dan masih terbilang baru bagi mahasiswa konsentrasi syariah, sebab mahasiswa konsentrasi syariah pada awal masuk kuliah lebih dahulu mempelajari mata kuliah akuntansi keuangan yang berbasis konvensional, sehingga mahasiswa konsentrasi syariah masih merasa baru dengan mata kuliah tersebut, meskipun ada mata kuliah pendukung sebelumnya yaitu ekonomi islam tapi masih cendrung bersifat umum, pembahasan didalamnya juga banyak menggunakan istilah Bahasa Arab seperti akad-akad yang digunakan dalam jurnal yang harus mahasiswa konsentrasi syariah pahami, sedangkan latar belakang mahasiswa konsentrasi syariah kebanyakan belum mengerti tentang istilah bahasa Arab tersebut, sehingga dibutuhkannya pembelajaran yang efektif yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa konsentrasi syariah terhadap mata kuliah akuntansi keuangan syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis kualitataif dengan pendekatan fenomenologi. Yang nantinya metode ini dapat memberikan gambaran secara terperinci tentang pemahaman mahasiswa konsentrasi syariah terhadap mata kuliah akuntansi keuangan syariah. Dengan menggunakan teori Taksonomi Bloom (tujuan pendidikan dalam pencapaian pembelajaran) dari Ranah Kognitif, Ranah Afektif, dan Ranah Psikomotorik. Dari hasil penelitian ini terkait masalah pemahaman mahasiswa konsentrasi syariah pada mata kuliah akuntansi keuangan syariah, menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa konsentrasi syariah terhadap mata kuliah akuntansi keuangan syariah bisa dikatakan sudah memahami dan menerimanya, begitu juga pembelajaran yang dosen berikan dalam mata kuliah akuntansi keuangan syariah dapat mahasiswa konsentrasi syariah terima dengan baik, sebab sebelum mengikuti mata kuliah akuntansi keuangan syariah dosen memberikan waktu untuk mempelajari dan menghafal mata kulaih tersebut, sehingga mahasiswa konsentraasi syariah tidak mengalami kebingungan dalam memahami mata kuliah tersebut. namun mahasiswa konsentrasi syariah masih merasa ada yang kurang dalam pembelajaran mata kuliah tersebut sebab tidak adanya praktek dan lab maasih sedikitnya refrensi yang digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran mata kuliah akuntansi keuangan syariah. Kata Kunci: Pemahaman, Mahasiswa, Konsentrasi Syariah, Akuntansi Keuangan Syariah
AbstractionKarimollah. 2013. Islamic Financial Accounting Course is a course that is concentrated Sharia Faculty of Economics and is still fairly new to students of Islamic concentration, because the concentration of Islamic students in early college first financial accounting course work conventional ones, so that the concentration of Islamic students still feel new to the course, despite previous courses supporting the Islamic economy but still tends to be general, the discussion in it too much to use Arabic terms like contract-contract used in journals that students should understand sharia concentration, while the concentration of student background sharia mostly not understand the Arabic term, so the need for effective learning that can later increase students' understanding of the concentration of sharia Islamic financial accounting courses. Types of research used in this study is a type kualitatife with phenomenological approach. That this method will be able to provide a detailed picture of the student's understanding of the concentration of sharia Islamic financial accounting courses. By using the theory of Bloom's Taxonomy (education in the achievement of learning objectives) of the Cognitive Domain, Domain Affective, and Psychomotor Domains. From the results of this study student understanding of the issues related to the concentration of sharia in Islamic financial accounting subjects, showed that students' understanding of the subjects Islamic concentration of Islamic financial accounting can be said to have understood and accepted, as well as provide learning lecturer in Islamic financial accounting courses to students Islamic concentrations well received, because before following Islamic financial accounting course lecturers give time to study and memorize the kulaih eyes, so that students do not experience confusion konsentraasi sharia in understanding the course. However, the concentration of Islamic students still feel something is missing in the course of learning because the lack of practice and lab maasih least references are used as a support in the teaching of Islamic financial accounting courses. Keywords: Comprehension, Students, Concentration Sharia, Islamic Financial Accounting