Detail Karya Ilmiah
-
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ASISTENSI PADA MATA KULIAH AKUNTANSI PENGANTAR AKUNTANSI I DAN II DI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURAPenulis : MOH. MUKROMDosen Pembimbing I : RITA YULIANA, SE., MSA., AkDosen Pembimbing II :JUNAIDI, SE., MSi., AkAbstraksi
ABSTRAK Keberadaan beasiswa di Fakultas Ekonomi yang jumlahnya lumayan besar dan kuantitasnya cukup banyak, memungkinkan mahasiswa mengakses beasiswa tersebut dari bermacam jenis beasiswa. Sejak tahun 2010 beasiswa asistensi akuntansi pengantar diterpakan oleh Fakultas Ekonomi. Penerapan asistensi diharapkan dapat membantu mahasiswa akuntansi khususnya mata kuliah akuntansi pengantar 1 dan 2. Disisi lain penerapan asistensi merupakan program beassiswa yang sampai saat ini belum ada penilaian dari pelaksanaannya tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan metode ini peneliti berupaya memberikan gambaran secara terperinci terkait penerapan persepsi mahasiswa terhadap penerapan asistensi akuntansi pengantar. Persepsi tersebut akan memberikan penjelasan dari 3 komponen yaitu; kompetensi pedagogi, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa informan dapat ditarik beberapa kesimpulan terkait dengan pelaksanaan asistensi akuntansi pengantar. Keterampilan asdos dalam penyampaian materi serta kemapuan menghidupkan suasana kelas masih kurang, jadwal serta ruang kelas untuk pelaksanaan perkuliahan asdos kurang diperhatikan oleh Fakultas sehingga terkadang mahasiswa kebingungan mencari ruangan, kedisiplinan masih belum terlaksana sebagaimana mestinya. Pergaulan antara mahasiswa dengan asdos sejauh ini bisa terjalin dengan sejahtera. Namun terkadang asdos masih kurang dalam penguasaan diri. Kata kunci: Persepsi Mahasiswa, Asistensi, Akuntansi Pengantar
AbstractionABSTRACT Existence scholarship at the economics faculty numbering have big and kuantitasnya quite a lot, allow students access students are of various kinds of scholarship. Since 2010 scholarship assistance accounting introductory diterpakan by the faculty economy. The application of assistance expected to help student accounting especially college course accounting introductory 1 and 2. On the other side the application of assistance is an beassiswa who until now there is no judgment of its implementation. The kind of research used in research this is kind of descriptive by using qualitative approach. With this method researcher always gives a picture in detail in implementing perception student against the implementation of accounting assistance introductory. Perception will provide explanation of 3 components namely; competence pedagogics, professional competence, and competence social. From the analysis of data obtained from the interview conducted with some informer several conclusions can be drawn associated with the accounting introductory assistance. Skill in submission and material asdos kemapuan animate atmosphere class still not enough schedule and classrooms perkuliahan asdos less reck for execution by the faculty and students find room, sometimes confusion discipline is not as it should be done. Intercommunication between students with asdos so far could interwoven with peace. But sometimes asdos still lacking in self-command. Keywords: students, perception assistance, accounting introductory