Detail Karya Ilmiah

  • REPOSISI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK (DJP) PASCA SKANDAL PAJAK
    Penulis : JEPRI ERIKSON SITORUS
    Dosen Pembimbing I : Nurul Herawati, S.E., M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Rahmat Zuhdi, S.E., MSA., Ak QIA
    Abstraksi

    ABSTRAK Jepri Erikson Sitorus, REPOSISI DIREKTORAT JENDERAL PAJAK (DJP) PASCA SKANDAL PAJAK. Dibawah bimbingan ibu Nurul Herawati, S.E., M.Si dan bapak Rahmat Zuhdi, S.E., MSA., Ak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagamana strategi yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak mengembalikan citranya (mereposisikan) pasca terungkapnya mafia pajak. Penelitian in adalah penelitian hermeneutik melaui pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hermeneutik dengan menafsirkan teks dan melihat kondisi yang terjadi saat ini, teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak, Keputusan Menteri Keuangan, Keputusan Direktorat Jenderal Pajak, Siaran pers Direktorat Jenderal Pajak. Kesimpulan pada penelitian ini bawah Direktorat Jenderal Pajak melakukan reposisi pasca skandal pajak untuk mendapatkan kepercayaan publik kembali dengan berbasis peningkatan kualitas kinerja. Dalam pereposisian Direktorat Jenderal Pajak melakukan reformasi dengan 2 (dua) strategi yaitu strategi internal maupun eksternal. Strategi internal dengan 4 (empat) lapisan yang berkelanjutan yaitu Learning and Growh Perspective, Internal Proccess Perspective, Costumer Perspective dan Stakeholder Perspective sedangkan strategi eksternalnya terdapat 3 hal fundamental yang sedang dirubah, yaitu : merubah pola pikir masyarakat, menciptakan sense of belonging, program whistleblowing dan melakukan kerjasama. Kata Kunci : Skandal Pajak, Reposisi, Pengembalian Citra, Merebut Kepercayaan Publik

    Abstraction

    ABSTRAK The purpose of this research is to know how the strategy has been carrieds out by the directorate general of taxes to restore the image after the post scandal. This research is a qualitative hermeunatic research. the method used in this study is hermeneutic method which is interpret text and look the current condition. The text used in this study is in the form of Direktorat Jenderal Pajak Circular Letter, decree, decision of the Directorate General of Taxation, the Directorate General of Taxes Press Releases. The conclusion in this research is that the directorate general of taxes doing some reposition after the post scandal in order to gain public's confidence again by increasing the quality of performance. In repositioning the tax reform, the directorate general of taxes use twostrategies, namely internal and external strategies. Internal strategy has four sustainable stratum. they are Learning and Growth Perspective, Internal Proccess Perspective, Costumer Perspective and Stakeholder Perspective while external strategies has three fundamental which are being changed. those are change the mindset of society, creating a sense of belonging, whistleblowing programs and cooperation Keywords: taxes, scandal reposition of tax, public trus, DJP

Detail Jurnal