Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KOMPETENSI DOSEN, MEDIA PEMBELAJARAN, DAN ASISTENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura)
    Penulis : FIRMAN BUDI SANTOSO
    Dosen Pembimbing I : Junaidi, S.E. M.Si., Ak
    Dosen Pembimbing II :Fitri Ahmad Kurniawan, S.E., M.Ak., Ak
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kompetensi dosen, media pembelajaran dan asistensi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana jenis data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk pernyataan kuesioner yang diperoleh jawaban dari responden terhadap serangkaian pernyataan yang diajukan oleh peneliti dengan sampel 73 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Analisis terhadap data-data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji f dan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh pembuktian bahwa secara parsial kompetensi dosen dan media pembelajaran berpengaruh dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dan asistensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selain itu, secara simultan kompetensi dosen, media pembelajaran dan asistensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci : Kompetensi Dosen, Media Pembelajaran, Asistensi dan Prestasi Belajar Mahasiswa.

    Abstraction

    ABSTRACT Firman Budi Santoso, Effect of Competence Lecturer, Media and Learning Assitance for Student Learning Achievement (Studies in the Faculty of Economics, University Trunojoyo Madura). Under the guidance of junaidi, S.E. M.Si., Ak and Fitri Ahmad Kurniawan, S.E, M.Ak., Ak This study aimed to determine whether faculty competence, instructional media and assistance significantly influence student achievement partial and simultanneous. This study used quantitative methods, where the type of data used is primary data in the form of a statement obtained questionnaires from respondents answers to a series of statements proposed by the researchers with a sample of 73 students of the Faculty of Economics, University Trunojoyo Madura. Analysis of the data obtained is done using multiple regression analysis, f test and t test. Based on the research that has been conducted, the obtained evidence that partial competence faculty and instructional media and no significant effect on student achievement and assistance did not significantly affect the achievement of student. In addition, faculty competence simultaneously, instructional media and assitance has positive and significant impact on student achievemnet. Keyword: Competence lecturer, Media Learning, Assistance and Learning Student Achievement.

Detail Jurnal