Detail Karya Ilmiah

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN LAYANAN PAJAK ONLINE DI KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : ZAINAL ARIFIN
    Dosen Pembimbing I : Fariyana Kusumawati, SE., M.si.
    Dosen Pembimbing II :Nurul Herawati, S.E., M.Si,
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi wajib pajak terhadap penggunaan layanan pajak online. Dalam penelitian ini variabel independen yaitu persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan penggunaan (X2), persepsi kerumitan (X3), keamanan dan kerahasiaan (X4), serta kesiapan teknologi informasi wajib pajak (X5), dengan variabel dependen yang digunakan yaitu penggunaan layananan pajak online (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, karena dalam penelitian ini sistem analisisnya menggunakan perhitungan secara sistematis untuk menganalisis hubungan antar variable yang berfokus pada pengujian hipotesis. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan survey kuesioner dengan 54 responden. Hasil perhitungan nilai korelasi (R2) antara antara kedua variable yaitu variable dependen dan variable independen sebesar 0.715. dengan nilai koefisien determinasi berganda sebesar 0.460 atau 46%. Hal ini berarti variable dependen dipengaruhi variable independen 46%, dan sisanya 54% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kegunaan, kemudahan penggunaan, kerumitan, keamanan dan kerahasiaan dan kesiapan teknologi informasi wajib pajak secara simultan (besama-sama) berpengaruh terhadap penggunaan layanan pajak online. Hal tersebut ditunjukkan dengan dengan hasil uji F dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikansinya lebih kecil dari ? (0,05). Sedangkan uji t menunjukkan bahwa kegunaan, kerumitan dan kemanan dan kerahasiaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan pajak online. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel dan nilai signifikansinya lebih besar dari ? (0,05). Sedangkan kemudahan penggunaan dan kesiapan teknologiinformasi wajib pajak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan layanan pajak online. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai signifikansinya lebih kecil dari ? (0,05).

    Abstraction

    This research aims to know the influence of perceptions of taxpayers against the use of the online tax service. The independent variable in this study i.e. the perception of usefulness (X 1), perception of ease of use (x 2), perception of the complexity (X 3), security and confidentiality (X 4), as well as taxpayer information technology readiness (X 5), with the dependent variable used is the use of online taxes to City Centre (Y). These research use quantitative methods, since in this research analysis using calculation systems systematically to analyse the relationships between variables that focuses on testing the hypothesis. The data in this study were obtained by using a survey questionnaire with 54 respondents. Results of calculation of the value of the correlation (R2) between two variables the dependent variable and the independent variable of 0.715. with the determination of the coefficient of multiple values of 0.460 or 46. This means the dependent variable independent variable 46-influenced, and the remaining 54 are influenced by variables other than research. From the results of this study indicate that the variables are usefulness, ease of use, security and confidentiality, complexity and taxpayer information technology readiness simultaneously (the same Crucible) influence on the use of online tax service. It is indicated by the test results of F to the value of Fhitung is greater than Ftabel and their significance values smaller than pronounced (0.05). While the t-test showed that usability, complexity and security and confidentiality are not significant effect against the use of online tax service. This is shown by the value t calculate is smaller than the t tables and their significance is greater than the value of the pronounced (0.05). While ease of use and readiness teknologiinformasi taxpayer influence significantly to tax online service usage. This is shown by the value t calculate is greater than their significance and values of table t is smaller than pronounced (0.05).

Detail Jurnal