Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
    Penulis : Aththaariq
    Dosen Pembimbing I : Dr.RM Moch Wispandono,.S.E,.MS
    Dosen Pembimbing II :Dr. Muhammad Alkirom Wildan,S.E.,M.Si.
    Abstraksi

    Abstrak Aththaariq, Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Kinerja Dosen Di Universitas Trunojoyo Madura. Dibawah bimbingan Dr.RM Moch Wispandono,.S.E,.MS dan Dr. Muhammad Alkirom Wildan,S.E.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik (X1), kompetensi profesional (X2), kompetensi sosial (X3), dan kompetensi kepribadian (X4), terhadap variabel terikat kinerja dosen di Universitas Trunojoyo Madura. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, data tersebut diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, sedangkan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah dosen di Universitas Trunojoyo Madura yang sudah tersertifikasi aktif mulai dari tahun 2008-2011 berjumlah 78 dosen, teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik (X1), kompetensi profesional (X2), kompetensi sosial (X3), dan kompetensi kepribadian (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat kinerja dosen (Y) baik secara simultan maupun parsial. Pada nilai koefisiensi determinasi berganda (R2) menunjukkan nilai sebesar 0.796 yang artinya 79.6% kinerja dosen dipengaruhi oleh perubahan semua variabel bebas yang telah diteliti dan sisanya 20.4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel kompetensi pedagogik dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 dan memiliki nilai beta sebesar 0.426. Kata kunci: Kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian,dan kinerja dosen.

    Abstraction

    Abstract This study is aimed to analyze the influence of pedagogical competence (X1), professional competence (X2), social competence (X3), and personality competence (X4) to the dependent variable, the performance of the lecturers in Trunojoyo Madura University. The data used in this study are primary data. The data are collected from the result of spreading the questioner out, while the respondents of this study are the lecturers in Trunojoyo Madura University who have been certified as active starting from 2008 until 2011. The respondents are 78 lecturers. The technique of taking the sample is by using judgemental sampling which uses the analysis method of double linier regression From the result of the study which has been done based on the analysis result, it can be concluded that pedagogical competence (X1), professional competence (X2), social competence (X3), and personality competence (X4) to the dependent variable affect significantly to dependent variable, lecturer’s performance, either simultaneously or partially. The coefficient of double determination (R2) shows the number of 0,796 which means 79,6% of lecturer’s performance is influenced by the change of all independent variables, and the rest is 20,4% which influenced by the variable which while the variable who has dominance influence is pedagogic competence variabel with significance value about 0.000 and has beta value about 0.426. Key words: Pedagogical competence, professional competence, social competence, and personality competence, while, the dependent variable is the lecturer’s performance

Detail Jurnal