Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL SUZUKI ERTIGA DI SURABAYAPenulis : Ali MubarokDosen Pembimbing I : Dr. Ir. Nurita Andriani, MM.Dosen Pembimbing II :Nirma Kurriwati, SP,. M.Si.Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketatnya persaingan industri otomotif di Indonesia dengan munculnya berbagai merek baru di pasar khususnya segmen mobil MPV. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada mobil Suzuki Ertiga. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 50 orang pengguna mobil Suzuki Ertiga di Surabaya yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan data secara kuantitatif. Analisis meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,809 + 0,268X1 + 0,503X2 + 0,093X3 + 0,146X4 Dimana variabel keputusan pembelian konsumen (Y) , kesadaran merek (X1), persepsi kualitas (X2), asosiasi merek (X3), dan loyalitas merek (X4). Melalui uji F dapat diketahui hasil uji F menunjukkan variabel kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Angka Adjusted R Square menunjukkan bahwa variasi keputusan pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel indpenden kesadaran merek dan persepsi kualitas berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dua variabel independen lainnya asosiasi merek dan loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jadi dari keempat variabel ekuitas merek (kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek), yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel persepsi kualitas. Kata kunci: keputusan pembelian konsumen, kesadaran merek, persepsi kualitas. asosiasi merek, loyalitas merek.
AbstractionThis research is motivated by the intense competition in the Indonesian automotive industry with the emergence of new brands in the market, especially MPV car segment. This study aimed to examine the effect of brand equity elements consisting of brand awareness, perceived quality, brand associations, and brand loyalty on consumer purchasing decisions at Suzuki Ertiga. After a literature review and hypothesis formulation, data were collected through questionnaires to 50 users in Surabaya Suzuki Ertiga obtained by using purposive sampling technique. Then performed an analysis of the data obtained with the quantitative data. Analysis includes: validity and reliability, the classic assumption test, multiple regression analysis, hypothesis testing via t test and F test The data that have met the test of validity, reliability testing and the classic assumption test was analyzed using multiple linear regression analysis resulting regression equation as follows: Y = 0,809 + 0,268X1 + 0,503X2 + 0,093X3 + 0,146X4 Where the consumer purchase decision variable (Y), brand awareness (X1), perceived quality (X2), brand association (X3), and brand loyalty (X4). using the F test, it can be seen the results of F test showed variable brand awareness, perceived quality, brand associations, and brand loyalty have positive influence on purchase decisions. Figures Adjusted R Square indicates that variations in consumer purchasing decisions can be explained by the four independent variables in the regression equation. While the rest is explained by other variables outside the four variables used in this study. Hypothesis testing using t-test showed that the two variables indpenden brand awareness and perceived quality are significant positive influence on purchasing decisions. Meanwhile, two other independent variables brand association and brand loyalty does not significantly influence consumers' purchasing decisions. So, of the four variables of brand equity (brand awareness, perceived quality, brand associations, and brand loyalty), the dominant effect is the perception of quality. Keywords: consumer purchasing decisions, brand awareness, perceived quality. brand association, brand loyalty.