Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN BANGKALAN (Studi Pada Toko Nusa Indah Bangkalan)
    Penulis : Hardik Pratama Suryanto
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MM.
    Dosen Pembimbing II :Dr. H. Muh. Syarif, Drs., Ec., M.Si.
    Abstraksi

    ABSTRAK Hardik Pratama S. 2014. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Tradisional Di Kabupaten Bangkalan, di bawah bimbingan Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MM. dan Dr. H. Muh. Syarif, Drs.Ec., M. Si. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian makanan tradisional di kabupaten Bangkalan, (2) untuk mengetahui variabel perilaku konsumen yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian makanan tradisional di kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputsan pembelian makanan tradisional di kabupaten Bangkalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 50 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen yang terdiri dari kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan terhadap keputusan pembelian makanan tradisional di kabupaten Bangkalan. Variabel psikologis berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian makanan tradisional di kabupaten Bangkalan. Kata Kuci :Perilaku Konsumen ,Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis, Keputusan Pembelian.

    Abstraction

    ABSTRACT Hardik Pratama S. 2014. The Influence Of Consumer Behavior To buying decision of traditional food in bangkalan regency, under the guidance of Dr. H. PribanusWantara, Drs., MM. and Dr. H. Muh. Syarif, Drs.Ec., M. Si. The objectives of this research (1) to know the influence of consumer behavior variables which consist of culture, social, personal, psycologys simultaneously to buying decision of food in bangkalan regency , (2) to know the consumer behavior variables variables has dominant effect to buying decision of food in bangkalan regency.. This research is quantitative research approach which tried to know how the influence of consumer behavior to To buying decision of food in bangkalan regency. Sampling has been developed through purposive sampling, resulting 60 respondents. The technique of gathered data there are interview, literature, and questionaire, and 5-point Likert Scale to measure the respondent’s answer. To test instrument used validities test, reliablities tes, and classical assumption test. While the technique of data analysis used multiple linier regression because which is used more than two variable with F test and t test. The result of this research shows that the consumer behavior variables which consist of culture, social, personal, psycologys have effect simultaneously to To buying decision of food in bangkalan regency. The variable of psycologys has dominant effect to To buying decision of food in bangkalan regency. Keywords : Consumer Behavior, culture, social, personal, psycologys, buying decision.

Detail Jurnal