Detail Karya Ilmiah

  • APLIKASI RANTAI MARKOV DAN PRODUCT LIFE CYCLE DALAM UPAYA PERUMUSAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN BATIK TULIS MADURA
    Penulis : Moh. Imam Syafii
    Dosen Pembimbing I : Retno Indriartiningtias, S.T., M.T.
    Dosen Pembimbing II :Fitri Agustina, S.T.,M.T.
    Abstraksi

    UKM SIAR_ FK collection merupakan salah satu ukm yang ada di desa Macajeh.Selama ini, pengrajin batik di desa Macajah selalu mulai berinovasi melakukan pengembangan motif batik jika sudah mengalami penurunan permintaan/penjualan terhadap suatu corak secara drastis. Hal ini mengakibatkan kerugian secara finansial karena produk yang sudah dipasarkan mengalami kejenuhan dipasaran.Pada penelitian ini dengan menerapkan analisis rantai markov dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengrajin batik tulis di Desa Macajah dalam mengantisipasi terjadinya kejenuhan pasar terhadap suatu motif dengan berinovasi meluncurkan motif baru yang disesuaikan dengan selera konsumen tanpa merubah motif dasar batik Tanjungbumi. Pada akhirnya konsep ini akan memberi petunjuk pada mereka untuk selalu berinovasi dan meluncurkan produk/motif baru pada waktu yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis markov dan iklus hidup produk peluang transisi probabilitas untuk batik motif A cenderung menurun (decline) pada bulan-bulan berikutnya. Motif B juga mengalami tahap penurunan (decline) secara lambat.Batik motif C merupakan batik yang diprediksikan masih dalam tahap pertumbuhan untuk bulan-bulan berikutnya.. Batik motif D diprediksi menggunakan markov chain masih dalam tahapan pertumbuhan (growth). Batik motif E diprediksi mengalami tahap penurunan secara cepat. Hal ini sebaiknya batik segera diganti dengan motif yang lebihh baru dengan motif yang simpel dan perpaduan warna yang menarik. Kata kunci: Batik Tanjung Bumi, Analisis Markov, Product Life Cycle

    Abstraction

    SMEs SIAR_ FK collection is one of the SMEs in the Macajeh Village. Up to now, batik artisans in the village Macajah always start innovating to develop motif if it suffer the decreasing in the demand/sales in every motive drastically. This resulted in financial losses due to a product that has been marketed experiencing market saturation. In this study, by applying Markov chain analysis can give useful information for batik artisans in the village of Macajah in anticipating market saturation on a motive to innovate launching new motifs that are tailored to the tastes of consumers without changing the basic motif batik Tanjungbumi. This concept will ultimately shed light on them to always innovate and launch products / new motif at the right time. Based on the results of studies using Markov analysis and product life cycle opportunities for batik motif transition probabilities A motif tends to decline in the following months. B Motif also experiences a decline phase slowly. C motif is still in the stage of growth predicted for the next months . D motif is predicted using a Markov chain s still in the growth phase. E motif is predicted to experience rapid decline phase. This should be replaced with a batik motif newest motive of batik which is simple and attractive color combination. Keywords: Batik Tanjung Bumi, Markov Analysis, Product Life Cycle

Detail Jurnal