Detail Karya Ilmiah

  • Identifikasi Preferensi Konsumen Dalam Minat Beli Rumah Dengan Pendekatan Metode Decision Tree (Studi Kasus : Perumahan Permata Indah Bangkalan)
    Penulis : Bertha Primaria Bainana
    Dosen Pembimbing I : Ari Basuki, ST., MT.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Rachmad Hidayat, ST., MT.
    Abstraksi

    Salah satu dampak dari pembangunan jembatan Suramadu adalah meningkatnya jumlah urbanisasi ke wilayah kabupaten Bangkalan, sehingga juga mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap produk rumah. Untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, perlu dilakukan suatu kajian tentang keinginan konsumen terhadap bentuk dan kondisi perumahan yang diminati oleh konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui berbagai pola keinginan minat beli konsumen terhadap perumahan tipe 45 dengan melibatkan 7 atribut yang dijadikan pertimbangan yaitu kedekatan lokasi dengan fasilitas disekitar perumahan, ketersediaan bentuk pagar perumahan, fasilitas keamanan, bentuk pembayaran rumah, ketersediaan fasilitas air, bentuk jalan perumahan, model rumah. Proses identifikasi keinginan konsumen dilakukan dengan menggunakan metode decision tree, dan menghasilkan 8 macam pola keinginan konsumen. Selanjutnya pengembang rumah akan menentukan prioritas pola keinginan konsumen yang akan diwujudkan lebih dahulu dengan menggunakan metode AHP. Hasilnya, yaitu perumahan tipe 45 yang lokasinya dekat dengan jalan raya dan pasar tradisional. Kata kunci:Minat beli konsumen, decision tree, AHP

    Abstraction

    One of the impacts of Suramadu bridge is the incrasing number of urbanization to Bangkalan regency area, and resulting the demand rise of housing product as well. In order to meet the consumer needs, it is necessary to conduct a research about consumer needs for type and housing condition which is preferred by consumers. The aim of this research is to investigate the customer preferences for housing of type 45, and seven attributes are taken into consideration,which are the closeness of housing location with facilities surrounding, the availability and form of residence fence, security facilities, type of payment, the availability of water supply, form of road, shape of the house. It is used decision tree method to identify the customer needs, and resulting 8 various patterns of consumer needs. In addition, developer will determine the priority of consumer need patterns using AHP method, which type of housing will be build first. And, the result is residence of type 45 which is close to main road and traditional market will be build first. Key words :Buying consumer preference, decision tree, AHP.

Detail Jurnal