Detail Karya Ilmiah
-
AUTO LEVELING BERBASIS FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME PEMBELAJARAN BAHASA INGGRISPenulis : Syafrial Nur MaulanaDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S.Kom.,M.T.Dosen Pembimbing II :Ari Kusumaningsih, S.T., M.T.Abstraksi
Pengetahuan tentang bahasa Inggris pada jaman globalisasi saat ini sangatlah penting dan menjadi salah satu sarana untuk berkompetisi di segala bidang. Namun demikian, seringkali proses pembelajaran tidak dapat berjalan dengan lancar dikarenakan kurangnya metode pembelajaran yang kurang interaktif. Berangkat dari permasalahan tersebut maka dibangunlah sebuah game yang berunsur edukasi. Game berunsur edukasi harusnya menyenangkan dan tidak terlalu mudah atau terlalu sulit dimainkan salah satunya dengan penerapan Artifical Intelegent (kecerdasan buatan). Dalam penelitian ini adalah bagaimana pemain mendapatkan tantangan (soal) sesuai dengan kemampuannya (pelevelan mandiri/auto leveling). Sehingga pemain tidak merasa frustasi (jika soalnya terlalu sulit) atau bosan (jika soalnya terlalu mudah). Metode yang dapat digunakan untuk membuat game yang mempunyai pelevelan mandiri adalah metode Finite State Machine (FSM) dan seluruhnya akan diimplementasikan kedalam game engine XNA. Dalam game pembelajaran bahasa Inggris ini terdapat speaking dan reading yang akan memanfaatkan teknologi speech recognition yang terdapat didalam XNA game studio. Dengan melakukan uji coba sistem kepada responden menghasilkan beberapa hal menjadikan game sebagai salah satu media pembelajaran, terciptanya game yang menarik dan menjadi game yang adaptif dengan penerapan perlevelan mandiri. Penggunaan speech recognition dapat meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Kata Kunci : Education Game, Automatic Leveling, FSM (Finite State Machine), XNA game engine, Speech Recognition.
AbstractionUnderstanding of English language in this globalization era is very important and become one of the tools to compete in all areas. However, often learning process can not proceed smoothly because less of the interactive learning methods. By that problem, an educational game was created. An educational game should be fun and not too easy or too difficult to play. And one of them are applying the artificial intelligence. In this research is how the players get a challenge (questions) according to their ability (self Leveling / auto leveling), so they will not feel frustrated (if the questions are too difficult) or bored (if the questions are too easy). The method that can be used to create a game that have independent Leveling is Finite State Machine (FSM) methode and will be implemented into the entire XNA game engine. In this English learning game there are “speaking” and “reading” that will utilize speech recognition technology contained within the XNA game studio. By testing the system to the respondent, it produces that the game become one of the learning tools, creating an exciting and adaptive game with applying an independent level. Using speech recognition can increase the ability to speak in English. Key Words : Education Game, Automatic Leveling, FSM (Finite State Machine), XNA game engine, Speech Recognition.