Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN VIRTUAL CLASS UNTUK PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP BERBASIS SECOND LIFE
    Penulis : Dwi Adi Permana
    Dosen Pembimbing I : Arik Kurniawati,S.Kom, M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Dr. Indah Aguestien S
    Abstraksi

    Internet berkembang dengan cepat beberapa tahun belakangan ini. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan internet dari bergabung dengan situs jejaring sosial, bermain games online, belanja melalui shop online, download dan browsing info-info yang dibutuhkan. Bukan hanya itu dunia pendidikan juga ikut meramaikan dunia internet, seperti pembelajaran jarak jauh, virtual class, games pendidikan dan lain-lain. Dalam tugas akhir ini membangun aplikasi virtual class matematika untuk siswa SMP berbasis second life. Tujuan utama dari tugas akhir ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran dengan menerapkan teknologi yang ada yaitu, mata pelajaran yang virtual class matematika berbasis second life. Virtual Class ini dibuat secara online dengan menggunakan Second Life. Aplikasi virtual class ini terbagi dari 6 bab materi mata pelajaran matematika, khususnya untuk siswa SMP kelas VII. Didalam virtual class ini terdapat soal evaluasi untuk setiap babnya.Jika nilai evaluasi kurang dari KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) maka siswa wajib melakukan pendalaman materi dan evaluasi ulang. Disini KKM nya menggunakan KKM mata pelajaran matematika untuk siswa VII SMP Negeri 1 Tulangan, yaitu dengan Nilai 75. Kendala dari uji coba aplikasi ini adalah kurangnya koneksi internet yang kuat, karena Aplikasi bersifat online dan memperlukan konekasi internet yang lumayan tinggi Kata Kunci : Internet, Virtual Class, Second Life, matematika

    Abstraction

    Internet grows rapidly in recent years. Many things can be done with the Internet from joining social networking sites, playing online games, shopping through online shop, download and browse info that needed. Not only education, but also enliven the world of the Internet, such as distance learning, virtual class, educational games and others. In this final project, it will be built virtual class application of mathematics to junior high school students based on second life. The main objective of this thesis is to create a learning media by applying existing technologies, namely, the subject mathematics class-based virtual second life. Virtual Class is made online using Second Life. With this virtual math class can change the view of mathematics students who are usually considered to be a boring subject to be fun because in virtual math class is presented with a graphical display of interest such as pictures or animations that are able to meet the needs of students in learning mathematics. Keywords: Internet, Virtual Class, Second Life, math

Detail Jurnal