Detail Karya Ilmiah

  • GAME EDUKASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 3 DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE LEARNING
    Penulis : CIRA MULDAYAZIS
    Dosen Pembimbing I : ARIK KURNIAWATI,ST.,MT.
    Dosen Pembimbing II :ANDHARINI DWI CAHYANI,S.Kom.,M.Kom.
    Abstraksi

    Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan pola pendidikan game dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Game berbasis flash "Game Edukasi Matematika Sekolah Dasar Kelas 3 Dengan Menggunakan Metode Adaptive Learning" menjadi salah satu media dalam pendidikan. Dengan sistem komputerisasi, membuat belajar lebih interaktif dalam memberikan dasar matematika untuk siswa muda terutama sekolah dasar. Pada game multitasking ini pengguna dapat bermain dan belajar. Pada game ini juga bersifat adaptif yaitu dapat menyesuaikan level sesuai dengan kemampuan pengguna. Dari seluruh implementasi yang dilakukan didapatkan bahwa metode adaptive learning untuk game edukasi matematika ini berjalan dengan baik. Multitasking pada game edukasi ini membuat siswa kurang konsentrasi pada soal-soal yang ditampilkan. Siswa cenderung pada permainannya. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan didapat 90,4% responden menyatakan tertarik pada game ini karena skenario game yang dibuat menarik dengan animasi dan gambar latar yang disukai anak-anak.

    Abstraction

    Development of interactive learning media education pattern games can improve students' motivation. Flash -based games "Games Education Elementary School Mathematics 3 Grade Method Using Adaptive Learning" to be one of the media in education. Computerized system makes learning more interactive in delivering basic math to young students, especially elementary school. In the multitasking game users can play and learn. In this game,the system can adaptively adjust its level according to the user's ability. From the testing result we found that the adaptive learning method for math educational game is success. Multitasking on this educational game makes students less focus on the questions that are displayed. Students more attacted to the game. Based on the questionnaire 90.4 % respondents interested in this game because the game created an interesting scenario with animations and background images that kids love.

Detail Jurnal