Detail Karya Ilmiah
-
Visualisasi Proses Terjadinya Hujan Berbasis Second LifePenulis : Anggit PratamaDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati,S.Kom, M.Kom.Dosen Pembimbing II :Dr.Indah Agustien Siradjuddin, S.Kom, M.Kom.Abstraksi
ABSTRAK Perkembangan teknologi masa kini telah memungkinkan manusia untuk merasakan suatu pengalaman yang nyata tanpa perlu adanya dunia luar atau materi. Teknologi ini sering disebut teknologi virtual reality. Teknologi virtual reality dapat diterapkan di berbagai bidang salah satunya adalah didalam dunia pembelajaran. Didalam penelitian ini akan membuat suatu pembelajaran mengenai proses terjadinya hujan yang dikemas didalam simulasi virtual reality. Tujuan utama dari pengembangan virtual reality adalah untuk menirukan alam nyata ke dalam dunia maya semakin membuat kedekatan imitasi animasi realitas ke dalam dunia maya. Kehadiran teknologi virtual reality ini dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Didalam Penelitian ini ditetapkan perilaku yang menjadi objek adalah kegiatan proses terjadinya hujan. Kegunaan Second Life sebagai platform untuk menghidupkan konsep dalam pembelajaran proses terjadinya hujan menjadi 3 dimensi karena Second Life sangat memadai untuk memvisualisasikan sebuah bentuk 3D dan Second Life merupakan Platform yang sangat mendukung untuk membuat suatu pembelajaran. Hasil uji coba visualisasi terhadap responden mendapatkan suatu pembelajaran visualisasi proses hujan dengan cara yang berbeda dan menarik dan mudah dimengerti. Kata kunci: Virtual Reality (VR), Multimedia Proses Hujan, Second Life
AbstractionThe development of today's technology has allowed people to feel a real experience without the need for external or material world. This technology is often called virtual reality technology. Virtual reality technology can be applied in many fields one of which is in the world of learning. In this research will make a study on the occurrence of rain is packed inside a virtual reality simulation. The main objective of the development of virtual reality is to simulate the real world into the virtual world increasingly making animated proximity imitation of reality into the virtual world. The presence of virtual reality technology is utilized to the maximum extent possible in everyday life. In this study determined that the behavior of the object is the activity of the rain. Uses Second Life as a platform to turn the concept of the learning process into 3-dimensional rain because Second Life is very adequate to visualize the 3D shape and Second Life is an excellent platform to create a learning support. The trial results of visualization of the respondents get a learning process visualization rain in different ways and interesting and easy to understand. Keywords: Virtual Reality (VR), Multimedia Rain Process, Second Life