Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK PETIS IKAN TUNA DI KABUPATEN SAMPANG
    Penulis : MOHAMMAD MUHLIS
    Dosen Pembimbing I : MILATUL ULYA, S.TP. MT
    Dosen Pembimbing II :SUPRIYANTO, S.TP. MP
    Abstraksi

    ABSTRAK Produk petis ikan tuna merupakan produk yang sudah lama dikenal hingga sekarang dan banyak digemari oleh masyarakat Madura, sehingga banyak industri rumah tangga di daerah kota Sampang yang memproduksi produk pangan yang sejenis dan variatif. Sikap dan perilaku konsumen merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan pangsa pasar serta untuk menerapkan strategi pemasaran karena perilaku konsumen adalah penentu proses pemilihan untuk membeli atau tidak suatu produk tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sikap dan preferensi konsumen terhadap atribut produk petis ikan tuna dan mengetahui strategi bauran pemasaran sebagai implikasi dari perilaku konsumen produk petis ikan tuna dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor dominan yang mempengaruhi preferensi konsumen yaitu pengaruh lingkungan dan individu seperti budaya, kelas sosial serta SDM konsumen, dan juga sebagian besar konsumen menilai atribut produk petis ikan tuna seperti rasa, ijin depkes dan ketersediaan merupakan atribut yang sangat penting yang perlu dipertahankan. Sedangkan untuk atribut lainnya kurang diperhatikan oleh konsumen karena kinerjanya kurang istimewa. Berdasarkan hasil CSI dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan secara keseluruhan kualitas produk petis ikan tuna yaitu sebanyak 60 persen konsumen merasa cukup puas terhadap atribut produk petis ikan tuna. Strategi bauran pemasaran yang dapat diterapkan perusahaan antara lain melalui peningkatan cita rasa, memberikan diskon atau potongan harga, menjalin hubungan yang baik dengan para pedagang atau pengecer dan mendistribusikan produk petis ikan tuna secara merata pada tiap-tiap daerah khususnya di kabupaten Sampang. Kata kunci: perilaku konsumen, kepuasan konsumen, IPA, CSI dan bauran pemasaran

    Abstraction

    ABSTRACT Paste of Tuna product is a product that has been known long time ago until now and many Madurese people like it, so many cottage industries in the town of Sampang that produce similar products and varied food. Consumer attitudes and behavior is one of the important factors that should be considered in an effort to increase market share and to implement the marketing strategies because consumer behavior is a determinant of the selection process to buy or not a particular product. This study aims to identify and analyze consumer attitudes and preferences towards product attributes tuna fish paste and know the marketing mix strategy as the implications and the behavior of tuna paste products consumer using Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) and descriptive analysis. Results of this study concluded that the dominant factors affecting the consumer preference are the environmental and the individual influences such as culture, social class as well as consumer HR, and also most of the consumers evaluate tuna paste product attributes such as taste, department of health permits and availability are very important attributes that need to be maintained. As for the other attributes overlooked by consumers because of its performance is less special. Based on the results of CSI, it can be seen that the overall satisfaction level of tuna paste product quality as many as 60 percent of consumers are satisfied with tuna paste product attributes. Marketing mix strategies that can be applied to the company are by increasing the flavor, giving discounts or rebates, establishing a good relationship with the merchant or retailer, and distributing the products of tuna paste evenly on each region , especially in Sampang district. Keywords: consumer behavior, consumer satisfaction, IPA, CSI and Marketing Mix

Detail Jurnal