Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA MAHASISWA PEROKOK DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
    Penulis : Prima Noviyanto
    Dosen Pembimbing I : Slamet Widodo, SP., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Taufik Rizal Dwi AN, SP., MM
    Abstraksi

    Perilaku konsumen adalah suatu proses keputusan sebelum pembelian yang meliputi tindakan dalam memperoleh, memakai, mengkonsumsi dan menghabiskan produk. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen yang mengkonsumsi rokok dan menganalisis perilaku konsumen pada mahasiswa perokok. Penelitian dilakukan di Universitas Trunojoyo Madura. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling, dengan responden sebanyak 60 orang, Sedangkan Metode analisis data yang dipergunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen rokok mulai merokok pada usia antara 15 - 17 tahun yang dipengaruhi dari lingkungan teman dan besar konsumsi rokok berkisar antara 100.000 - 300.000 dengan menghabiskan rokok antara 10 - 20 batang rokok/hari yang dibeli dari uang kiriman antara >300.000 - 600.000. Sedangkan atribut yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli rokok adalah atribut rasa.

    Abstraction

    The consumer behavior is a decision process before purchasing that includes acts of obtaining, using, consuming and using up the product. In this regard, this study aims to describe the characteristics of consumers who consume cigarettes and analyze consumer behavior in university student smoker. The study was conducted at the University Trunojoyo Madura. Method of sampling is performed by using accidental sampling technique, with the respondents as many as 60 people, While the data analysis method used is Descriptive Qualitative Analysis. The results showed that most consumers of cigarettes began smoking among the ages of 15 -17 years who are affected from the environment of friends and cigarette consumption ranged from 100.000 - 300.000 that used up smoking among 10 - 20 cigarettes/day were purchased from the shipnent money among >300.000 - 600.000. Whereas the attribute that influence consumer decisions to buy cigarettes is the flavor attribute.

Detail Jurnal