Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS TATA NIAGA PERIKANAN BUDIDAYA (Studi Kasus Pada Budidaya Ikan Bandeng di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik)Penulis : Muchammad NazaruddinDosen Pembimbing I : Tripitono Adi Prabowo, S. E., M, EDosen Pembimbing II :Ambaryanto, S.E., M. Si.Abstraksi
ABSTRAK Muchammad Nazaruddin. NIM 07.02.3.1.1.00044. ANALISIS TATA NIAGA PERIKANAN BUDIDAYA (Studi Kasus Pada Budidaya Ikan Bandeng di Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik). Di bawah bimbingan Tripitono Adi Prabowo, S. E., M, E and Ambaryanto, S.E., M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk struktur pasar perikanan budidaya ikan bandeng, bentuk pola saluran, marjin pemasaran, dan pembagian laba. Objek penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ujung Pangkah yang merupakan penghasil ikan bandeng perikanan laut terbesar di Kabupaten Gresik . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, serta menggunakan analisis marjin pemasaran dengan rumus Mm = Pe – Pf dan pembagian laba menggunakan rumus ? = TR – TC. Hasil dari penelitian ini yaitu bentuk struktur pasar merupakan pasar persaingan sempurna, ada 3 pola saluran tata niaga dalam pasar ini. Marjin pemasaran terbesar ada di antara petani tambak dengan pengecer. Laba tertinggi terdapat di petani tambak. Kata Kunci : struktur pasar, pembagian laba perikanan budidaya, marjin pemasaran, dan
AbstractionABSTRACT Muchammad Nazaruddin. NIM 07.02.3.1.1.00044. Analysis of Commercial Fishery (Case Study Cultivation Bandeng Fish In The Ujung Pangkah District, Gresik Regency). Under the Guidance of Tripitono Adi Prabowo, S. E., M, E and Ambaryanto, S.E., M. Si. The purpose of this study to know the shape of the structure of the bandeng fish aquaculture market, the shape of the channels pattern, marketing margins and profit sharing. The object is having done at the Ujungpangkah district, that is the bigger producer of bandeng fish on largest maries fisheries in Gresik regency. The sample that used on this study is snowball sampling. The types of data on ths study is primer data that obtained from the results of interviews, and also use marketing margin analysis with the formula Mm = Pe – Pf and profit sharing use the formula ? = TR – TC. The result from this study is the shape of market en fish farmers with retailers. Income was highest in fish farmers. Largest marketing margin is there in between fish farmers with retailers. Income was highest in fish farmers. Keywords: sharing. structure of market, cultivation fishery, marketing margin, and profit