Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Strategi Pemasaran Rumput Laut (Studi Pada Petani Rumput Laut di Desa Pekandangan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep)
    Penulis : Sucipto
    Dosen Pembimbing I : Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MM
    Dosen Pembimbing II :Drs. Mohamad Tambrin, MM
    Abstraksi

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan maksud untuk mengetahui strategi pemasaran pada petani. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisisa menggunakan reduksi data, Langkah berikutnya setelah direduksi adalah penyajian data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat mengenai fenomena yang terjadi di masyarakat. Selanjutnya peneliti akan menarik kesimpulan berdasarkan hasil observasi dan wawancara di lapangan. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh petani rumput laut di Desa Pekandangan Tengah, diantaranya: Strategi Kualitas Produk yang akan digunakan untuk penanganan bibit, Strategi Pemasaran sebelum di pasarkan, Strategi Permodalan untuk memiliki usaha rumput laut secara mandiri bagi petani di Desa Pekandangan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan usaha pemasaran pada masyarakat petani sistem pembayaran yang tunai, adanya dukungan dari instansi-instansi yang terkait, Sedangkan faktor-faktor yang menghambat meliputi : Kurangnya pengetahuan untuk penanganan rumput laut dalam proses penjemuran, adanya persaingan sesama pedagang setempat yang tidak sehat diantara pedagang pengumpul. Kata kunci: Analisis Strategi Pemasaran, Petani, Rumput Laut,

    Abstraction

    SUCIPTO, Marketing Strategy Analysis Study on Seaweed Farmers in the Central District of Bluto Pekandangan Village Sumenep. Under the guidance of Dr. H. Pribanus Wantara, Drs., MM and Drs. Tambrin Mohamad, MM. This research was carried out by using descriptive methods. Data collection techniques in the study is the use of interviews and observations. The technique uses the analysis of data reduction, the next step after that is reduced is the presentation of data in the form of a brief description of the phenomena that occur in the community. Furthermore, the researcher will draw conclusions based on observations and interviews in the field. The conclusion to this study is the strategy undertaken by seaweed farmers in the village of Pekandangan Tengah, including: Product Quality Strategy which will be used for seed treatment, before marketed Marketing Strategy, Capital Strategy to have independently seaweed farmers in the village of Pekandangan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Factors affecting the implementation of marketing efforts on the farming community that the cash payment system, the support of relevant agencies, while the factors that impede include: Lack of knowledge for handling seaweed drying process, the existence of competition among local merchants who do not healthy among traders. Keywords: Marketing Strategy Analysis , Farmer , Seaweeds.

Detail Jurnal