Detail Karya Ilmiah

  • KONSTRUKSI MAKNA HOMOSEKSUAL PADA FILM ARISAN KARYA NIA DINATA (Analisis Semiotika Roland Bartes)
    Penulis : Citra Dara Vresti Trisna
    Dosen Pembimbing I : Nikmah Suryandari
    Dosen Pembimbing II :R. Bambang Moertijoso
    Abstraksi

    Homoseksual adalah persoalan yang sangat tabu untuk dibicarakan pada masyarakat yang umumnya masih menganut heteronormalitas. Hal ini dikarenakan sistem-sistem dan kebebasan berekspresi belum mendapat tempat dalam masyarakat. Namun dunia perfilman di tanah air dikejutkan dengan munculnya film arisan sebagai babak baru dalam mendobrak kebiasaan yang ada. Dalam film ini, seorang gay bisa mendapat tempatnya dengan layak dan bahkan mendapat pengakuan dari orang-orang terdekat. Oleh karena itu film ini menjadi pendobrak kebiasaan dan kepercayaan masyarakat yang percaya bila heteronormalitas adalah segalanya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah lebih jauh konstruksi makna homoseksual di dalam film ini. oleh karena itu penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Bartes untuk menentukan dan melihat makna denotasi dan konotasi pada scane film yang dianggap merepresentasikan homoseksual di dalamnya. Selain teori kodo-kode sosial televisi John Fiske juga dipakai dalam melihat realitas, representasi dan ideologi yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi makna homoseksual ditemukan sehingga bisa disimpulkan konstruksi makna homoseksual di dalamnya. kata kunci: homoseksual, konstruksi, konotasi dan denotasi, kode televisi

    Abstraction

    Homosexual is a taboo topic to be talked about in societies that generally still into heternormativity beliefs. This is caused by systems and freedom of expressions that ave not go any place in societies’ order. However, Indonesian film industry was surprised by the emergence of Arisan! Film as a new stage that breaks through the usual order in our societies. In this film, a gay can have a proper place among his friends and even acceptance from his closest people. Therefore, this movie can be a breakthrough for heteronormative customs and beliefs. This research aims to account further the construction of homosexuality in this film. Therefore,this research applies Roland Barthes’ semiotics to determine and understand the denotative and connotative meanings in scenes of this film that represent homosexualty in it. Besides Roand Barthes’, john fiske’s television codes are also used to use realities, representations and ideologies that consist in it. This research shows that the construction of meaning of homosexuality can be found the construction of homosexuality in it. Keyword: homosexual, construction, connotative dan denotative, television codes

Detail Jurnal