Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    PT. Dharma Lautan Utama adalah Salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pelayanan kepada publik di pelabuhan Kamal-Ujung yang bergerak di bidang jasa penyeberangan laut antara pulau Madura dan Surabaya. Namun, sehubungan dengan telah dioprasikan jembatan Suramadu jumlah kendaraan yang menyeberang menggunakan kapal Fery ke Madura ataupun sebaliknya jauh menurun dari biasanya. Sebelum jembatan Suramadu dioperasikan, pelabuhan ini selalu ramai dipadati kendaraan roda dua dan empat serta penumpang pejalan kaki. Oleh Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi publik terhadap kualitas pelayanan publik pada pelanggan kapal Fery Wicitra Dharma di pelabuhan penyeberangan Madura – Surabaya. Penelitian ini menurut jenisnya adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang digunakan untuk meneliti adanya hubungan antara dua variabel, yaitu variabel pengaruh komunikasi publik dengan kualitas pelayanan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode survey dengan cara membagikan kuesioner kepada sampel yang sudah ditetapkan. Populasi dari penelitian ini adalah 9600. Dari populasi tersebut ditemukan sampel 100 responden. Setelah data-data kuesioner terkumpul, data tersebut kemudian diolah menggunakan program SPSS 16.0 dan dianalisis dengan menggunakan program validitas, realibilitas, frekuensi dan crosstab untuk selanjutnya hasil akan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi publik berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan publik pelanggan kapal Fery Wicitra Dharma di pelabuhan penyeberangan Madura – Surabaya. Dari hasil uji hipotesa yang diketahui dari perhitungan manual, dapat diketahui t hitung 11,5, sedangkan t tabel 0,197. Dapat dikatakan t hitung > t tabel sehingga pengaruh komunikasi publik terhadap kualitas pelayanan publik penumpang kapal Wicitra Dharma Fery benar adanya (H1 diterima). Sedangkan hasil koefisien korelasi person product moment menunjukkan bahwa besar pengaruh komunikasi publik terhadap kualitas pelayanan publik penumpang kapal Wicitra Dharma Fery rxy sebesar 0,756 dan berada pada interval 0,60-0,799 yang beraarti terdapat pengaruh yang kuat. Kata kunci : Komunikasi publik, kualitas pelayanan, Wicitra Dharma.

    Abstraction

    PT. Dharma lautan utama is one of public services organization sevices in kamal-ujung harbour crossing of the strain between madura and surabaya. However, in relation with suramadu bridge has been operated numbers of vehincle across using fery between madura and surabaya low down from usual target. Before suramadu bidge operated the harbour always full of motorcycle and cars and walked passenger. Because of that, this study purpose knowing public communication influence toward public service quality for fery wicitra dharma customers in madura-surabaya harbour. This study collect according to the kind of quantitative with correlation approach is using to research the rellation between two variable, they are variable of public communication influence with service quality. For this study the researcher use survey methode using quisioner for permanent sample. The population of this study are 9600. From the population have been founded 100 respondent sample. After quisioner data collected, the data then processed using SPSS 16.0 program and analyzed using validity, realiability, fruquence and crosstab program for then the result will be dished descriptivly. The result concluded that public communication have positive influence to public service quality for fery wicitra dharma customer in madura-surabaya harbour. From hipotesa test result knowing of manual acounting, can be known t hitung 11,5 while t tabel 0,197. Can be concluded t hitung >t tabel with the result that the public communication influence toward public services quality of wicitra dharma fery ship passanger is true (h1 received). While coefficience result of korelasi person product moment stated that high accurate public communication influence toward public services quality of wicitra dharma fery passenger rxy is 0,756 and existed on interval 0,60-0,799 means that exist strong influences. Keyword : public communication, services quality, wicitra dharma.

Detail Jurnal